(Business Lounge Journal – Travel) Wahhh.. sepertinya hari-hari ini banyak yang sudah merindukan untuk pergi traveling, rasanya kalau sebut kata traveling, sepertinya sudah langsung membayangkan keseruan yang akan kita lakukan woww…. Meskipun sempat tertahan karena covid-19 ini. tapi kita optimis bahwa pandemi ini segera berakhir, yuks kita bersiap untuk traveling lagi.

Saya mencoba mengingat kembali beberapa hal yang dapat kita perhatikan ketika akan mengadakan perjalanan yang cukup jauh dengan pesawat. Semoga ini dapat bermanfaat untuk Anda.
Persiapan sebelum berangkat

Pastikan bahwa Anda sudah memilih tanggal yang tepat dan itu tertulis pada tiket Anda. Tentu saja Anda tidak mau mengalami perjalanan dengan tiket yang salah bukan? Pastikan juga Anda membaca semua term and contition yang ada sehingga tidak menyesal kemudian. Jika perjalanan Anda membutuhkan persinggahan atau transit, maka pastikan Anda mempunyai waktu yang cukup untuk melanjutkan perjalanan. Jangan sampai, karena Anda harus berpindah terminal, Anda ketinggalan pesawat.

Lalu mulailah merapikan koper Anda jauh hari sebelumnya, sehingga Anda tidak terburu-buru yang dapat mengakibatkan banyaknya barang yang tertinggal atau sebaliknya, membawa barang-barang yang tidak perlu Anda bawa. Pastikan ukuran koper dan tas yang Anda bawa sesuai dengan peraturan yang ada. Pastikan juga bahwa Anda tidak akan mengambil jatah tempat barang penumpang lain, oleh karena banyaknya barang bawan Anda.

Hal penting sebelum berangkat ke bandara
Jika tidak kuat dengan suhu dingin di dalam pesawat, maka pastikan Anda membawa baju hangat, kaos kaki, atau hoodie. Selain itu Anda juga dapat meminta selimut di dalam penerbangan Anda.

Lalu bagaimana dengan makanan di dalam perjalanan Anda? Jika Anda memiliki menu khusus, maka sebaiknya Anda membawanya sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja jangan lupakan tiket dan identitas diri Anda.

Yuk masuk ke pesawat
Pastikan Anda memulai perjalanan ini dengan gairah. Ini sangat menentukan mood liburan. Sapalah semua crew pesawat yang menyambut Anda dengan ramah dan senyuman. Carilah dan pastikan Anda menempati tempat duduk dengan nomer kursi yang tepat. Tidak mau diminta pindah setelah menempati “posisi wuenak” tentunya.

Ingat, apa pun kelas penerbangan yang Anda ambil, tetaplah bersikap ramah dan selalu mengutamakan kepentingan bersama. Dijamin, Anda akan menjadi kesayangan sepanjang perjalanan. Pastikan Anda mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak maskapai demi menjaga keselamatan bersama. Walaupun Anda sudah hafal benar setiap arahan penyelamatan saat darurat yang diberikan pramugari sebelum terbang, namun tidak ada salahnya, jika Anda tetap memberikan perhatian.

Saat makan, biasanya selalu menjadi saat yang dinantikan. Karena itu perhatikan dengan baik ketika pramugari menyebutkan menu apa saja yang disiapkan sehingga tidak mengulang ketika bagian kamu ditawari makan atau minum. Jangan lupa untuk melepas headphone sejenak ketika berbicara. Anda tidak mau semua orang memandang karena suara Anda yang tiba-tiba terdengar begitu keras bukan?

Penting untuk menjaga sopan santun Anda. Misalnya, jangan menaikkan sepatu Anda di kursi pesawat, jangan menempelkan jari kaki di sandaran tangan atau di meja nampan. Juga pastikan Anda tidak meletakkan barang apa pun pada lorong pesawat, itu akan sangat membahayakan lalu lalang para pramugari.

Mungkin Anda pernah merasakan turbulensi dalam penerbangan Anda. Ketika itu terjadi, maka semua orang termasuk crew pesawat, diwajibkan untuk duduk di tempatnya. Jadi harap memahami jika ketika turbulensi terjadi, maka untuk sejenak, And tidak dapat memperoleh layanan pramugari.

Bila tiba di tujuan
Tentunya aroma liburan sudah sangat kental tercium. Walaupun sangat bersemangat, tetapi pastikan bahwa semua tas yang Anda bawa sudah ada dalam genggaman untuk Anda bawa turun.

Pastikan untuk berterima kasih kepada crew pesawat yang Anda temui saat keluar dari pesawat.

Tidak kalah penting, tetaplah menggunakan masker ketika bersama dengan orang lain, menjaga jarak, jangan lupa membawa hand sanitizer lalu sering- seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, dengan demikian siap bersegera meluncur untuk traveling.

Tiurlan/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.