(Business Lounge Journal – Tech)

Bagi banyak orang, power bank bukan lagi benda yang asing, bahkan ini sudah menjadi perlengkapan wajib bagi mereka yang gemar travelling. Sehingga tidak lagi merasa was-was pada saat gadget yang kita miliki membutuhkan asupan daya. Tetapi kali ini kita akan membahas power bank raksasa yang diperuntukkan untuk men-charge­ mobil listrik milik Porsche. Sebuah truk pengisi daya EV yang besar diciptakan oleh Porche ini dapat mengisi ulang 10 Porsche Taycan sekaligus. Bayangkan!

Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Porsche pada tahun lalu merilis mobil sport listrik Taycan mereka yang diklaim menggunakan teknologi tercanggih yang disebutkan belum pernah digunakan oleh mobil lansiran merek lain. Harga mobil ini di pasaran mulai dari $ 103.800 atau setara dengan lebih dari 1,5 miliar rupiah.

Untuk memperkenalkan mobil ini, maka Porsche menyelenggarakan beberapa acara namun pada beberapa tempat, akan sulit untuk dapat melakukan pengisian daya dengan cepat karena infrastrukturnya yang kurang memadai. Karena itulah, Porche bekerja sama dengan Ads-Tec, sebuah perusahaan pembuat perangkat keras dan perangkat lunak Jerman yang mengkhususkan diri dalam penggunaan “industri” – mengembangkan unit pengisian daya seluler yang dapat memberi daya pada beberapa Taycan sekaligus.

Truk pengisi daya ini memiliki daya 3,2 megawatt dengan sistem baterai 2,1 megawatt per jam. Hal ini memungkinkan 10 Taycan dapat diisi dengan cepat sekaligus, dengan total 30 kendaraan yang dapat diisi ulang sampai unit itu sendiri membutuhkan bahan bakar lagi. Truk ini telah diuji pada beberapa acara yang diselenggarakan di seluruh Eropa, dan telah melakukan 5.000 “operasi pengisian” di berbagai lingkungan, termasuk pada cuaca dingin. Sejalan dengan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, maka truk ini dapat diisi ulang selama empat jam menggunakan energi matahari. Porsche saat ini memiliki tujuh truk pengisian daya.

Saat ini para ilmuwan dari Centre of Automotive Management (CAM) secara resmi menyatakan Porsche Taycan sebagai mobil paling inovatif di dunia. Mobil listrik berkinerja tinggi ini menampilkan 27 perkembangan baru, 13 di antaranya merupakan yang pertama di dunia. Porsche Taycan memiliki beberapa inovasi baru meliputi pengaturan 800 volt, transmisi dua kecepatan pada gandar belakang, pembangkit daya tinggi hingga 265 kW, tingkat hambatan angin terbaik, dan sebagainya. Porsche Taycan sendiri ditawarkan dengan dua varian, yakni Turbo dan Turbo S. Keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Taycan Turbo sebagai line tertinggi mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik saja. Sedangkan versi Turbo mampu melesat di angka 3,2 detik dari 0-100 km/jam.

Sebagai informasi, sejak debutnya pada September 2019, Taycan telah memenangkan sekira 40 penghargaan internasional. Antara lain mobil terbaik pada 2020, mobil ramah lingkungan, dan masih banyak lagi.

RB/VMN/BLJ – pict: Porsche

Related Posts

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.