(Business Lounge Journal – Tech)

Rumah adalah pusat bekerja, pusat untuk anggota keluarga saling berinteraksi, tempat bermain dan belajar. Ini semua membuat rumah menjadi sangat penting saat ini. Banyak sekali kebutuhan applikasi atau fitur baru untuk sebuah rumah. Dari keinginan untuk rumah lebih sejuk, cahaya yang nyaman, hemat energi, hingga rumah yang aman. Jadi pada banyak negara terjadi lonjakan permintaan untuk aplikasi rumah pintar, aman dan nyaman serta terkendali (in-home control) demikian pertimbangan konsumen dalam memilih untuk smart home.

Smart Home atau rumah pintar ini telah menjadi tren di banyak negara maju, yang paling utama mengacu pada keamanan sebuah rumah. Rumah pintar sekarang dikembangkan juga dengan “Connected Home over IP”, atau disingkat CHIP, yang mengkombinasikan berbagai kemampuan sebuah rumah pintar dan menjadikan kapabilitas rumah pintar meningkat karena adanya integrasi dari berbagai produk rumah pintar.

Proyek yang masih dikembangkan oleh Infineon ini nantinya akan menjadi standar rumah pintar yang membuat kehidupan sehari-hari terhubung dengan internet yang gampang digunakan dan terjamin keamanannya. Rumah di tengah pandemic Covid 19 ini memang menjadi tempat di mana kita bisa berada di dalamnya selama 24 jam. CHIP berusaha mengintegrasikan rumah sejak tahap desain hingga rumah sudah mendekati akhir usia yang aman dengan cryptographic primitive yang melakukan enkripsi dan integritas berbagai perangkat. Dengan biaya yang lebih murah dan tidak rumit, CHIP sedang disiapkan untuk sebuah rumah pintar.

FA/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.