Mari Melihat Teknologi Apa Saja yang Mengubah Bisnis di tahun 2020

(Business Lounge Journal – Tech)

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini keberlangsungan sebuah bisnis sangat bergantung pada teknologi dan perkembangan teknologi pun mengubah pola strategi bisnis di dunia. Dua buah hal yang berkaitan secara timbal balik. Karena itu, penting untuk tidak terpaku hanya pada cara-cara lama, tapi justru memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk strategi bisnis. Mari kita lihat 8 perkembangan teknologi terbaru yang bisa digunakan sebagai strategi bisnis Anda.

  1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu evolusi teknologi paling transformatif di zaman kita. Biasanya bagi pebisnis startup yang memakai AI, mereka menggunakannya untuk merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

  1. Jaringan data 5G

Jaringan data seluler 5G ini ada untuk pertama kalinya pada tahun 2019. Soal harga memang masih mahal dan baru berfungsi hanya di daerah tertentu saja. Tapi untuk konektivitas internet memiliki kecepatan unduh dan unggah super cepat serta koneksi yang lebih stabil.

  1. Autonomo Driver atau Teknologi Mengemudi Otonom

Mesin otomotif yang cerdas meningkatkan kemungkinan munculnya mobil otonom driver yang mana mobil dapat berjalan sendiri sampai ke tujuan dengan input data dari penggunanya. Jaringan data 5G akan menjamin input data berjalan lancar, sehingga mobil dapat berjalan ke tujuan dengan AI.

  1. Perawatan Personal Medicine

Kemampuan teknologi terbaru dalam mengambil data dari perangkat yang dapat dipakai seperti smartwatches akan mempermudah orang mengenali masalah kesehatannya bahkan sebelum mereka mengalami gejala apa pun.

  1. Voice Search

Teknologi Voice Search pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Teknologi ini menghubungkan semua orang dengan layanan internet dan mempermudah semua orang untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya dengan cepat tanpa harus mengetikkan keyword di mesin pencari.

  1. Reality (XR)

Extended Reality (XR) adalah istilah umum yang mencakup beberapa teknologi baru dan berkembang yang digunakan untuk menciptakan pengalaman digital yang lebih mendalam.

  1. Teknologi Blockchain

Blockchain adalah tren teknologi buku besar digital yang digunakan untuk mencatat transaksi tetapi dijamin karena sifatnya yang terenkripsi dan terdesentralisasi.

  1. Live Chat dan Video

Teknologi live chat dan video streaming seperti Youtube sudah lama mempengaruhi strategi bisnis para pebisnis online. Live chat mempermudah pelanggan berinteraksi dengan admin toko yang diinginkannya. Dengan teknologi live chat ini pula pemilik toko bisa memastikan pelanggannya mendapatkan layanan yang baik sampai barang yang diinginkannya terbeli.

Tak bisa dihindari, perkembangan teknologi terbaru akan mengubah perilaku dan preferensi semua orang. Seperti biasa, akan banyak yang diuntungkan oleh perubahan serta akan banyak pula orang yang anti-pati pada perubahan.

Maka dari itu kita harus melihat perubahan sebagai sebuah kesempatan dan tentunya harus sigap menyesuaikan diri terhadapnya.

Rut Sinta/VMN/BLJ