Winwatch Ciptakan Jam Tangan untuk Contactless Payment

(Business Lounge Journal – Tech)

Membayar tanpa sentuhan sekarang menjadi metode yang dipilih banyak orang oleh karena cepat, mudah, dan higienis. Pandemi ini memang mendorong orang untuk melakukan inovasi dan kreatifitas. Kartu ATM dan kartu kredit sudah banyak melakukan terobosan dengan hal ini. Namun ada terobosan yang istimewa selain kartu ATM dan kartu kredit yaitu digunakannya jam tangan mewah untuk pembayaran tanpa sentuhan. Metode yang dilakukan dengan menanam chip kecil untuk kemanan dalam transaksi keuangan menggunakan frekuensi radio per milidetik.

Winwatch asal Swiss melakukan terobosan ini atas jam tangan dari logam dengan chip yang ditanam pada Kristal safir. Chip ini diproduksi oleh Infineon Technologies AG (FSE: IFX / OTCQX: IFNNY), yang sudah dipatenkan STISS®.

Menggabungkan radio analog, enkripsi, dan semi konduktor membuat contactless payment ini bisa terlaksana. Chip menjalankan fungsi sebagai computer mini sekecil millimeter. Chip ini mengendalikan komunikasi antara sang pemilik dengan lembaga keuangan melalui sebuah antena kecil. Kecepatanya sangat luar biasa hingga 200 milidetik, satu kali kedipan mata maka transaksi dapat terjadi. Prosesnya dari verifikasi tanda tangan lalu menciptakan kriptogran dan jumlah pembayaran, dan lembaga keuangan akan melakukan konfirmasi dengan reader. Proses ini menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Reader ini menjadi sumber energi dalam melakukan kalkulasi, enkripsi, dan pengiriman data.

FA/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.