Butuh Ide Kreatif ketika Tetap Tinggal di Rumah?

(Business Lounge Journal – Ideas)

Masih tertahan di rumah? Saya berharap ini bukan sesuatu yang menghambat produktifitas Anda sebab ada banyak kreatifitas yang dapat Anda lakukan.

Meluangkan waktu untuk keluarga tercinta

Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk dapat memberikan kebahagian pada anak-anak yang bisa saja juga mengalami kebosanan karena harus tinggal di rumah selama pandemi ini. Jadi, bukan Anda saja loh yang dapat merasa bosan, anak-anak pun dapat merasa bosan.

Karena kegiatan sekolah berlangsung secara on line maka penting untuk menjaga agar anak-anak tidak menjadi stress. Ini membuat mereka kehilangan waktu untuk bermain bersama dengan teman-teman serta melakukan banyak kegiatan di luar rumah pada masa sebelum pandemi .

Sebab itu sebagai orang tua, luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak-anak. Mungkin selama ini Anda pun banyak memiliki kesibukan, karena itu sekaranglah waktunya untuk membahagiakan anak-anak dengan mencari permainan yang dapat membuat merkea bergembira.

Anda dapat menggambar bersama, dengan demikian orang tua harus membelikan perlengkapan menggambar. Anda juga dapat mengajak mereka memasak jenis masakan yang sederhana, seperti memasak telur dadar, memasak nasi goreng, mie goring, atau roti bakar.

Membuat suasana petualangan di rumah

Anda memang harus ekstra kreatif untuk dapat menciptakan petualangan baru di rumah Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba, misalnya menyajikan cara makan yang berbeda dengan makan bersama dalam satu nampan dengan lauk pauk yang beraneka ragam. Wah, ini akan menjadi hal yang seru sekali sebab semua dapat berebut makanan yang disukai. Anda juga dapat menciptakan petualangan seru dengan mengajak anak-anak “menginap” di kamar Anda dengan menciptakan sebuah suasana yang berbeda.

Ngobrol bareng

Sekarang Anda mempunyai banyak waktu untuk berbincang dengan semua anggota keluarga. Ciptakanlah sebuah suasana ngobrol yang nyaman untuk membangkitkan pikrian postitif dan rasa syukur untuk kondisi yang kita alami saat ini. Ini tentu saja akan menciptakan imunitas tubuh yang baik.

Membuat taman kecil di halaman rumah supaya terlihat asri

Jika Anda mempunyai lahan yang kecil, maka manfaatkanlah untuk menciptakan sebuah taman kecil nan asri. Ini tidak kalah menariknya dengan lahan yang besar. Banyak tips yang dapat dilakukan sehingga taman yang kecil menjadi nyaman dan cantik. Saya yakin ini akan membangkitkan jiwa seni Anda untuk berkreasi.

Beberapa tips untuk membuat taman kecil menjadi indah:

  1. Buatlah tanaman gantung di pohon, di pagar, atau tembok pada rumah Anda.
  2. Gunakan tanaman rambat yang dapat ditanam di sudut rumah dengan membuatkan kawat sederhana.
  3. Tambahkan meja kecil yang dihiasi dengan bunga yang diletakkan di dalam pot.
  4. Membongkar pasang tumbuh-tumbuhan atau bunga supaya tumbuh segar dan pemandangan di taman kita juga menjadi baru.

Selain itu Anda juga dapat berkebun secara kecil-kecilan. Misalnya, menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi keperluan dapur sehari-hari, seperti sereh, jeruk nipis, pohon kari, kunyit, dan banyak lagi tanaman yang bermanfaat untuk keperluan memasak. Selain bermanfaat dapat juga mengurangi biaya belanja dapur Anda.

Mengubah interior rumah menambah keceriaan keluarga

Penampilan baru dengan penataan interior yang bagus àkan membuat seisi rumah merasakan kesegaran dan membangkitkan semangat bagi seluruh anggota rumah untuk menjadi lebih produktif. Desain yang lebih tepat àkan membuat nuansa yang menyenangkan bagi penghuninya. Penting untuk diperhatikan agar Anda jangan salah memilih desain atau lalai untuk memperhatikan hal-hal yang kecil.

Ada beberapa tips untuk membuat rumah Anda disukai oleh semua anggota keluarga

  1. Permukaan perabot rumah harus bersih dari debu dan hindari tumpukan barang-barang. Buku atau barang yang tertumpuk langsung di pindahkan dari perabot rumah sehingga terlihat rumah sederhana akan lebih luas dan anak-anak lebih leluasa bemain dan juga nyaman.
  2. Perhatikan untuk perabotan rumah tangga jangan terlalu padat. Ini akan membuat rumah yang sederhana akan terkesan luas. Karena itu pilihlah perabotan yang penting tetapi berkualitas. Hindari kebiasaan sembarang membeli furniture lalu kemudian bingung akan meletakkan di mana.
  3. Berilah pencahayaan yang baik di setiap ruangan, maka ruangan àkan terkesan terang dan membuat efek lebih luas pada ruangan.

Olah raga bersama.

Berolah raga bersama keluarga akan memberikan banyak manfaatnya. Selain untuk membuat kesegaran bagi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, kita juga akan merasa lebih gembira. Ingat! Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Tahukah Anda bahwa kesempatan olah raga bersama dapat membantu Anda menjalin komunikasi yang manis antar anggota keluarga. Kesempatan ini juga dapat Anda pergunakan untuk menyelesaikan persoalan apapun dengan santai.

Olah raga dapat menjadi sarana yang tepat untuk menjernihkan pikiran apalagi ketika berolah raga di pagi hari sambil menikmati udara segar bersama dengan keluarga.

Semoga bermanfaat!

Mindo Sianipar/VMN/BLJ

One Response

  1. Melva Emsy Simalango

    Wah luar biasa….jadi inspirasi untuk lebih kreatif saat WFH nih👍🏻👍🏻👍🏻

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.