Efek Covid-19, Apple tunda peluncuran iPhone 12

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Bagi Anda para pengguna setia iPhone, mungkin sudah menunggu-nunggu peluncuran seri terbarunya yang biasanya selalu diperkenalkan pada bulan September. Akan tetapi, kabarnya peluncuran iPhone 12 akan ditunda sampai pada Oktober 2020.  Pada hari Selasa 25 September 2020,  Apple hanya akan meluncurkan iPad dan AppleWatch, namun untuk iPhone 12 tidak ikut diluncurkan. Ketidakhadiran iPhone 12 di bulan September ini membuat para konsumennya bertanya-tanya. Pasalnya Apple punya budaya memperkenalkan seri iPhone terbarunya di bulan September setiap tahunnya.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2012, iPhone tidak meluncurkan seri tebarunya pada bulan September.  Dalam sejarah iPhone, hal ini pernah juga terjadi sebelumnya yaitu sembilan tahun yang lalu, di mana iPhone 4s diumumkan Oktober 2011. Adapun pada tahun 2019 lalu, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro diluncurkan pada tanggal 20 September.

Pihak Apple melalui CFO-nya, Luca Maestri mengatakan bahwa peluncuran iPhone terbaru tahun ini akan mengalami keterlambatan. Hal tersebut disampaikannya dalam pidato laporan keuangan Apple kuartal II.  Akan tetapi Maestri berharap iPhone 12 akan segera tersedia beberapa minggu ke depan, meskipun beliau belum mengatakan kapan tepatnya.  Tidak disebutkan alasan dibalik penundaan ini, namun dugaan terbesar adalah karena pandemi covid yang sedang terjadi saat ini. Pandemi yang terjadi tentunya memaksa banyak perusahaan harus menghentikan operasi mereka, demikian juga yang terjadi pada Apple. Diketahui pabrik manufactur iPhone di China sempat tidak beroperasi beberapa minggu karena Covid, dan juga adanya hambatan dalam pasokan komponennya.

Diprediksi iPhone terbaru ini akan tersedia dalam empat pilihan model, yang dibedakan dari ukuran layar,  jumlah kamera belakang dan kapasitas RAM. Ukuran layarnya adalah mulai dari 5,4 hingga 6,7 inci, yaitu iPhone 12 dengan ukuran 5,4 inci; iPhone 12 Max 6,1 inci; iPhone 12 Pro 6,1 inc, dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci. Prediksi lainnya adalah Apple akan merilis IPhone 12 ini secara bertahap, mulai dua model dulu, kemudian diikuti dua model berikutnya. Adapun harganya diperkirakan berkisar 10 – 11 juta dalam rupiah.

Nah kira-kira apa ya keunggulan iPhone 12 yang sudah ditunggu-tunggu ini? Apa kelebihannya dibandingkan dengan iPhone 11?  Beberapa pihak memprediksi iPhone 12 akan hadir dengan beberapa surprise. Surprise yang pertama adalah iPhone 12 akan didukung dengan kemampuan 5G, jaringan seluler yang menjanjikan kecepatan unduh dan ungah yang fantastik. Jika dugaan ini benar, maka iPhone 12 akan menjadi smartphone pertama Apple dengan kemampuan 5G.  Sementara  pesaing-pesaingnya seperti Samsung dan Google diketahui telah meluncurkan terlebih dahulu ponsel 5G.  Selain kemampuan 5G, beberapa keunggulannya adalah fast charging dan menggunakan display sensor fingerprint.

RH/VMN/BLJ