Sejumlah 8 dari 10 Konsumen Indonesia Menonton Iklan karena Video Streaming Gratis

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Integral Ad Science (IAS), pemimpin global di sektor verifikasi iklan digital, mengeluarkan hasil survei bertajuk “Streaming wars-The Impact of Stay-at-Home Behaviours on CTV.” Sejumlah 92 persen konsumen saat PSBB lebih banyak atau lebih sering menonton konten streaming.

Laporan survei ini mengungkapkan, perangkat seluler menjadi medium yang paling digemari di Indonesia. Sebanyak 76% konsumen memakai perangkat seluler untuk menonton video lewat internet, sementara, 29% konsumen memilih CTV. Mereka semakin menyukai konten streaming, baik layanan berlangganan dan didukung iklan. Sebanyak 89% konsumen di Indonesia kian sering menonton streaming gratis di tengah pembatasan sosial akibat COVID-19, sedangkan, 83% di antaranya memilih layanan streaming berlangganan.

Sebanyak delapan dari sepuluh responden mau menonton iklan dengan imbalan video streaming gratis. Untuk itu, kualitas, konteks, dan relevansi iklan termasuk aspek-aspek penting yang meningkatkan interaksi konsumen. Menanggapi kualitas dan relevansi iklan saat menonton video lewat internet, hampir enam dari sepuluh responden lebih menyukai iklan bermutu tinggi (penayangan iklan dalam kondisi yang baik) ketika mereka menonton konten video streaming gratis. Sementara, hampir setengah responden (56%) berkata bahwa iklan harus relevan dengan konten yang ditontonnya. Konteks iklan dalam konten streaming dapat mempertahankan perhatian konsumen. Mayoritas konsumen yang diwawancarai (75%) akan menonton iklan hingga selesai jika relevan dengan konten yang ingin disaksikannya.

FA/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.