Mengapa Nilai Ekonomis Masker Wajah adalah $ 56,14?

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Setelah enam bulan pertama pada tahun ini yang penuh dengan fenomena pandemi, pemerintah di seluruh dunia mengharapkan pemulihan ekonomi. GDP dunia secara keseluruhan turun sekitar 10% pada paruh pertama tahun 2020. Namun banyak yang telah berubah sejak saat itu — termasuk di dalam gaya hidup ketika lebih banyak orang yang sekarang memakai masker. Para ekonom, yang terobsesi dengan menerjemahkan semuanya ke dalam GDP, bertanya-tanya apakah penggunaan masker yang lebih luas dapat membantu pemulihan.

Pemikiran berlanjut bahwa masker bisa, sebagian, menggantikan lockdown. Orang yang memakainya tidak perlu berkecil hati untuk menggunakan transportasi umum. Lebih banyak toko dan kantor mungkin dapat dibuka kembali, meskipun saat mempraktikkan jarak sosial.

Perhitungan dari Goldman Sachs, sebuah bank, menunjukkan bahwa kenaikan 15 poin persentase dalam populasi yang memakai masker akan mengurangi pertumbuhan kasus harian sekitar satu poin persentase. Itu meniadakan perlunya tindakan lockdown yang jika tidak akan mengurangi hampir 5% dari GDP. The Economist membuat perhitungan itu selangkah lebih maju. Menurut perhitungan Economist, seorang Amerika yang memakai masker selama sehari membantu mencegah penurunan GDP $ 56,14. Lumayan untuk sebuah masker yang bisa dibeli dengan harga sekitar 50 sen masing-masing.

Manfaat ekonomi ini menunjukkan bahwa pemerintah harus berbuat lebih banyak untuk mendorong minoritas orang yang masih tidak memakai masker. Masyarakat Inggris tanpa masker berisiko denda £ 100-3.200 ($ 130-4.200). Pihak berwenang di Turki dan Tuscany telah membagikan masker gratis kepada warga. Mungkin pemerintah dapat berbuat lebih banyak ide untuk membuat setiap warganya dapat mengenakan masker. Ternyata dampak ekonomi dari pemakaian masker sangatlah besar.

FA/VMN/BLJ

2 Responses

  1. Sonn

    Mari memakai masker dengan benar, sesuai protokol kesehatan 😷👍🏽

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.