Suva, Washington DC, dan Buenos Aires Peringati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-75

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020 merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa kta. Di tengah suasana pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk bangsa kita, membuat peringatan kemerdekaan RI kali ini digelar dengan berbagai keterbatasan demi menekan potensi penularan Covid-19 dan upacara peringatan HUT RI ke-75 tetap menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun dengan berbagai keterbatasan tersebut, peringatan kemerdekaan RI tetap berlangsung di negeri ini maupun di negara-negara lainnya yang melakukan upacara peringatan HUT RI ke-75 di berbagai KBRI dalam suasana hikmat.

Pada tanggal 17 Agustus 2020, bertempat di Wisma Duta Besar, KBRI Suva, Fiji dilaksanakan Upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI dalam suasana yang hikmat dan sederhana. Sebelumnya di tanggal 15 Agustus telah diadakan berbagai perlombaan-perlombaan dikalangan staf KBRI untuk memperingati HUT RI ke 75 ini.

Juga di KBRI Argentina yang terletak di Buenos Aires, diadakan upacara singkat untuk memperingati hari Proklamasi Indonesia ke 75. Inipun dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Untuk KBRi Washington DC, beberapa hari sebelumnya sudah disampaikan pengumuman kepada semua WNI yang tinggal di USA dan untuk KBRI bahwa upacara peringatan HUT RI kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahwa akan diadakan secara virtual dan akan dihadiri oleh perwakilan staf KBRI Washington DC.

Tentu saja upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia di tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab upacara hanya dihadiri secara fisik oleh internal staf KBRI. Sedangkan keikutsertaan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri dapat mengikutinya melalui live streaming yang diberikan oleh KBRI setempat.

Walaupun upacara peringatan HUT RI ke 75 pada tahun ini diselenggarakan dengan sederhana, namun suasana hikmat dan haru dapat tetap dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri. Rasa nasionalisme dan cinta kepada bangsa Indonesia tetap dapat dirasakan.

Merdeka!!!

Peringatan Kemerdekaan RI di Fiji

Peringatan Kemerdekaan RI di Suva, Fiji

Peringatan Kemerdekaan RI di Washington DC, Amerika Serikat

  

Debbie Kusuma/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.