Upacara Virtual Pertama Tercatat dalam Sejarah Republik Indonesia

Hari ini pastilah akan terukir dalam sejarah bahwa untuk pertama kalinya sepanjang 75 tahun Indonesia merdeka, maka upacara kenegaraan yang biasanya berlangsung di Istana Negara, kini berlangsung secara online. Tidak ada undangan untuk kehadiran para tokoh negara, para duta besar, dan juga masyarakat yang biasanya akan hadir memenuhi halaman istana negara. Namun semuanya dilakukan secara online.

Sesuai keterangan Bey Machmudin, Kepala Biro Pers Istana Kepresidan menyampaikan bahwa upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia pun dilakukan sesuai protokol kesehatan. Sehingga tidak ada undangan, tidak ada masayarakat yang hadir. Namun semuanya dapat disaksikan secara virtual.

Sedangkan peserta yang hadir secara langsung di istana negara, hanyalah 20 orang serta 14 orang yang akan berada di mimbar kehormatan. Semua yang hadir pun menjalani swab test sebelumnya untuk memastikan bahwa mereka ada dalah kondisi yang sehat.

Lagi menurut Bey Machmudin, walaupun semuanya berlangsung secara virtual, namun acara ini tetap menghadapai tantangan yanitu bagaimana dapat menarik minta masayarakat untuk tetap hadir di ruang virtual yang telah disiapkan. Adapun jumlah masyarakat yang diundang sebanyak 17,845 orang. Hal menarik lainnya, oleh karena peringatan ini dilangsungkan secara virtual, maka para duta besar di seluruh negara di dunia, serta semua Warga Negara Indoneisa yang berada di luar negeri pun dapat turut menyaksikannya.

Acara ini akan tercatat dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

VMN/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.