Dirgahayu Republik Indonesia

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada hari itulah bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Sebuah kemerdekaan yang begitu berharga yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa melalui proses yang panjang. Sekarang kita telah dapat menikmati kemerdekaan yang telah direbut dengan pengorbanan yang luar biasa, sepenuh jiwa dan raga dari para pahlawan.

Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2020, kita merayakan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. Tidak terasa sudah 75 tahun bangsa Indonesia merdeka. Kemerdekaan yang kita peroleh merupakan sebuah anugerah dari Tuhan.

Suatu Kemerdekaan yang tak tenilai harganya, sebab untuk memperoleh suatu kemerdekaan diperlukan suatu pengorbanan bahkan sampai mengorbankan nyawanya. Itulah yang telah dilakukan oleh pahlawan bangsa kita yang dengan gigih mereka telah berjuang agar bangsa kita bisa merdeka dari tangan para penjajah.

Saat ini sudah 75 tahun kita merasakan satu kemerdekaan. Sebagai generasi penerus sudah sepatutnya kita meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini dengan kita tetap berjuang membangun bangsa kita, mengisi kemerdekaan dengan sumbangsih untuk memajukan bangsa ini menjadi masyarakat yang adil dan makmur, aman dan sentosa.

Sebab di negeri ini kita dilahirkan, di negeri ini kita bertumbuh menjadi besar, di negeri ini kita menikmati segala kemurahan Tuhan. Sekalipun kita harus pergi jauh meninggalkan negeri ini, hati kita tetap cinta kepada bangsa dan tanah air Indonesia.

Indonesia negeri yang indah menawan, zamrud katulistiwa, negeri yang elok ciptaan Tuhan.

Seperti lagu “Indonesia Pusaka” ciptaan Ismail Marzuki :
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan bangsa kita, tidak lain adalah dengan mencintai bangsa ini. Aku cinta INDONESIA… Bangsaku…Negeriku…Tanah Airku.
Selamat Ulang Tahun ke-75 Bangsaku Indonesia.

Debbie Kusuma/VMN/BLJ