HLB Meraih Penghargaan “Excellence in Leadership in Asia 2020”

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Hong Leong Bank (HLB), salah satu bank terbesar di Asia, menjadi satu-satunya Bank asal Malaysia yang meraih penghargaan “Excellence in Leadership in Asia 2020” di ajang bergengsi “Euromoney Awards for Excellence 2020”. Kategori penghargaan terbaru ini mengapresiasi respons cepat yang dilakukan sejumlah bank dalam epidemi; serta memberikan pengakuan atas kegesitan, pola pikir visioner, dan komitmen HLB dalam membantu nasabah dan masyarakat luas di tengah krisis COVID-19.

Domenic Fuda, Group Managing Director & CEO, HLB, berkata, “Sebagai bank komunitas, kami memiliki pendekatan aktif dalam membantu nasabah agar mereka mampu menangani dan memitigasi gangguan arus kas serta dampak sosial melalui inisiatif berskala luas yang dijalankan secara jelas, sederhana, dan berkelanjutan. Pada awal Februari, jauh sebelum pembatasan aktivitas fisik diterapkan pemerintah, kami merintis Customer Financial Relief Plan (Rencana Keringanan Finansial bagi Nasabah). Lewat program ini, nasabah bisa merestrukturisasi dan menjadwalkan ulang pinjaman dan pendanaan demi mengantisipasi dampak pandemi terhadap arus kas atau penghasilan mereka. Kami sangat gembira sebab upaya tersebut mendapat apresiasi. Kedepan, kami akan meningkatkan program ini sehingga fase pemulihan ekonomi bisa dilakukan bersama nasabah dan masyarakat luas.”

Euromoney menilai nasabah HLB telah terbantu berkat respons cepat bank tersebut, didukung oleh layanan dan tujuan yang jelas sehingga nasabah memahami beragam fasilitas dan bantuan yang disediakan Bank Sentral—-Bank Negara Malaysia (BNM).

Salah satu inisiatif penting untuk merespons COVID-19 ialah menyederhanakan dan mendigitalisasi proses pengajuan BNM Special Relief Facility (SRF) bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Pengajuan dapat dilakukan lewat surel atau teks, sementara, persetujuan menggunakan tanda tangan digital. Lewat langkah strategis ini, HLB telah menyalurkan RM 1,36 miliar kepada lebih dari 2.200 UKM, serta pendanaan tambahan senilai RM 500 juta dari kas internalnya untuk mendukung SRF dalam memenuhi kebutuhan pendanaan UKM yang ingin mempertahankan bisnisnya.

Demi membantu masyarakat luas, HLB, menyumbangkan RM 1 juta kepada MERCY Malaysia lewat Association of Banks Malaysia sebagai kontribusi kolektif dalam membantu tanggap darurat, kesiapsiagaan, serta respon terhadap COVID-19. Berkolaborasi dengan nasabah UKM untuk menyalurkan makanan kepada 12 panti sosial selama bulan Ramadan. Bekerja sama dengan lembaga sosial guna menjamin para penerima manfaat tetap memperoleh penghasilan di tengah pandemi.

FA/VMN/BLJ

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.