Terus Pantau Tempat Kerja Anda untuk Meminimalkan Penyebaran Covid-19

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai membuka kembali tempat kerjanya, di saat kasus COVID-19 belum lagi usai. Ada banyak pekerja yang mulai meninggalkan “Working from Home” dan kembali ke kantor mereka namun tentu saja dengan kondisi yang jauh berbeda dari sebelum pandemic ini terjadi.

Mengingat kekuatiran yang bisa saja timbul, baik dari para karyawan maupun klien, maka faktor kesehatan dan keselamatan haruslah yang nomer satu diperhatikan. Sehingga setiap orang dapat tetap merasa nyaman dan aman dalam bekerja.

Penting untuk meninjau ulang kebijakan yang berlaku dan segera mengkomunikasikan hal tersebut. Ini akan sangat berdampak pada kenyamanan kerja bagi para karyawan dan membuat mereka merasa diperhatikan.

Ini adalah beberapa aturan yang paling penting untuk diimplementasikan:

1. Wajib memakai masker
Masker wajah sangat dapat mengurangi penyebaran virus Corona, jadi semua karyawan wajib untuk memakainya saat bekerja dan perusahaan selalu menyediakan masker cadangan bagi semua karyawan maupun customer yang harus datang.

2. Tetap memberlakukan physical distancing
Menjaga jarak dapat mengurangi kemungkinan transmisi langsung. Kebijakan ini harus ditegakkan dengan memindahkan furnitur dan memasang visual jarak. Jika ada yang melanggar, maka beri peringatan supaya mereka paham bahwa hal ini harus diberlakukan. Penting untuk memberlakukan ini dengan sangat ketat dan tidak memberikan pengecualian.

3. Menyediakan hand sanitizer dan berikanlah reminder secara berkala untuk semua menggunakannya
Hand Sanitizer adalah salah satu cara paling efektif untuk membersihkan tangan dari penyebaran COVID-19. Pastikan ketersediaan cadangan hand sanitizer sebab penggunaan secara berkala akan membutuhkan pengisisan ulang. Pastikan cairan pembersih tangan yang efektif tersedia di berbagai lokasi tempat kerja.

4. Mencuci tangan
Penting untuk memiliki tempat mencuci tangan baik di kamar mandi maupun dapur. Pastikan tersedia cukup sabun dan berikan panduan cara mencuci tangan yang tepat sehingga orang dapat mengikutinya.

5. Periksa dan perbaiki sistem ventilasi
Anda juga harus memeriksa sistem pemanas, pendingin, dan ventilasi kantor Anda. Untuk meminimalkan penyebaran virus di pada ruangan kerja, penting untuk meningkatkan sirkulasi udara luar sebanyak mungkin.

6. Melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hari
Setiap hari lakukan pemeriksaan kesehatan karyawan ketika mereka akan memasuki gedung. Selain itu pastikan setiap tim melakukan pengawasan yang ketat. Bilamana salah satu anggota tim menunjukkan gejala COVID-19 seperti demam, batuk, kelelahan, dan sesak napas, maka pastikan bahwa mereka tidak akan datang ke kantor.

7. Mengurangi jumlah yang masuk
Mengurangi jumlah karyawan yang masuk akan membantu dalam menjaga jarak satu dengan yang lain serta meminimalkan pertemuan.

8. Bersihkan dan disinfeksi semua perlengkapan secara teratur
Pastikan bahwa peralatan serta furniture yang paling banyak disentuh karyawan akan dibersihkan senantiasa dan disinfeksi permukaan.

9. Membuat semua kebijakan baru terlihat dan mudah diikuti
Akhirnya, pastikan semua kebijakan baru yang dibuat mudah dipahami dan mudah untuk dipatuhi. Anda dapat mendokumentasikan perubahan yang dibuat dan berikan sosialisasi terus menerus secara berkala.

Rut Sinta/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.