“Hotel Hidrogen” pertama di dunia

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Left: Plastic recycle plant in Showa Denko Kawasaki Right: The pure hydrogen fuel cell system “H2Rex(TM)” that was implemented at the Kawasaki King Skyfront Tokyu REI Hotel

Dibuka pada 1 Juni 2018, hotel hidrogen di Kawasaki City ialah proyek inovatif. Hotel ini memproduksi hidrogen dari limbah plastik untuk memasok 30% kebutuhan energinya. Dalam tahun pertama setelah dibuka, hotel tersebut menjalankan tes yang mendaur ulang sejumlah perlengkapan di kamar hotel (sikat gigi, sisir) sebagai bahan baku pembuatan hidrogen.

Berkantor pusat di Kawasaki City dan telah meneliti teknologi sel bahan bakar (fuel cell) sejak 1960-an, Toshiba berhasil mengembangkan produk yang disebut “H2Rex™”, sistem sel bahan bakar hidrogen murni yang mengubah hidrogen menjadi energi panas dan Listrik tanpa menghasilkan CO2. Ketika menggarap proyek hotel hidrogen, Toshiba telah menerapkan sistem H2Rex™ di lebih dari 100 lokasi, termasuk toko ritel modern dan gerai kebutuhan harian.

Proyek ini membutuhkan tautan dari setiap langkah dalam rantai pasokan, dimulai dari limbah plastik hingga hotel, secara satu per satu. Langkah pentingnya adalah, bagaimana menemukan cara untuk menghubungkan rantai pasok hidrogen tersebut di Kawasaki City.

Dengan menghubungkan hotel ke jalur pipa hidrogen, ini memungkinkan untuk pengiriman dalam jumlah besar dan stabil, juga membantu prosesnya untuk mengurangi jumlah karbon, karena pengiriman tersebut tidak menghasilkan emisi CO2 dalam bentuk apa pun. Emisi CO2 yang dihasilkan seluruh rantai pasokan ini lebih rendah sekitar 80% dibandingkan sumber energi lainnya.

Pembuangan limbah plastik tak hanya menjadi isu sosial di Jepang, namun di berbagai penjuru dunia. Toshiba ingin memanfaatkan kajian yang diperoleh dari proyek hotel hidrogen ini, dan menjadikannya sebagai solusi global di masa depan.

Recycling process of waste plastics

FA/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.