Strategi American Airlines Menjaga para Penumpang dari Penularan Covid 19

(Business Lounge Journal – Global News)

Saat ini semua orang sudah mulai beraktivitas normal dan berpergian menggunakan transportasi publik, meski pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Karena itu, semua orang perlu menjalani kesehariannya sesuai protokol kesehatan dengan mencuci tangan teratur, memakai masker dan menjaga jarak sosial.

Karena, penggunaan transportasi umum dan ruang publik lainnya mungkin bisa mempercepat penularan virus corona Covid-19, tak terkecuali pesawat.

American Airlines memiliki beberapa konsekuensi yang paling ketat bagi penumpang yang mencoba naik pesawat tanpa penutup wajah. Sehingga American Airlines mewajibkan seluruh penumpang dalam penerbangannya untuk menggunakan masker sejak 11 Mei. Anjuran serupa juga telah dilakukan oleh pihak pramugari sejak 1 Mei lalu.

“Penumpang berusia muda dan orang-orang dengan kondisi terbatas yang tak dapat mengenakan masker akan diberi pengecualian,” bunyi kebijakan maskapai.

Terhitung 31 Mei, pihak maskapai American Airlines juga hanya akan menggunakan 50% dari kapasitas normalnya dalam setiap penerbangannya. Sebisa mungkin, bangku di bagian tengah hanya akan digunakan seperlunya.

Menurut penelitian itu, risiko penularan virus corona Covid-19 akan turun menjadi 1 banding 7.700 bila kursi tengah pesawat tidak diduduki atau dikosongkan. Hasil penelitian itu ditulis dalam sebuah makalah berjudul “Risiko Covid-19 di Antara Penumpang Maskapai Penerbangan: Haruskah Kursi Tengah Tetap Kosong?” yang ditulis oleh ahli statistik MIT pemenang penghargaan Arnold Barnett.

“Perhitungan ini memang menyarankan pengurangan yang terukur dalam risiko Covid-19 ketika kursi tengah di pesawat sengaja tetap terbuka,” kata Barnett dikutip dari New York Post.

Penumpang yang terbang bersama American Airlines juga harus mengatur jumlah tas yang akan mereka bawa sebelumnya di aplikasi atau situs web perusahaan. Kemudian ketika mereka muncul di Bandara, mereka hanya memindai Mobile boarding pass mereka di kios untuk segera mencetak Tag tas-tidak ada interaksi touchscreen yang diperlukan. Para penumpang kemudian dapat menyetorkan tas tersebut sebelum menuju ke pintu gerbang mereka.

American Airlines mempunyai sebuah “teknologi baru” untuk “meningkatkan pengalaman pelanggan,” yang telah ditawarkan oleh maskapai selama bertahun-tahun di kios Check-In mandiri. Perusahaan mengatakan perubahan adalah bagian dari “komitmen terhadap keselamatan dan kesejahteraan pelanggan dan anggota tim.”

Rut Shinta/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.