Tiga Kompetensi Utama untuk Survive

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Melanjutkan pembahasan kita sebelumnya mengenai Human Capital Transformation Menuju New Normal, maka kini ada beberapa hal menarik yang perlu kita cermati. Salah satunya adalah bagaimana terjadi perubahan dalam kompetensi Sumber Daya Manusia yang saat ini sangat dibutuhkan untuk dapat beradaptasi dengan situasi sekarang ini.

Pungki Purnadi menjabarkan ada tiga kompetensi yang paling tidak harus kita miliki sekarang ini:

  1. Mindset

Ini termasuk mindset for survive, agility of mindset. Pada kenyataannya ada banyak orang yang tidak mau berubah secara proses. Untuk mencapai kompetensi ini, orang harus melampaui 3 zona. Zona pertama adalah ketika seseorang ada dalam kenyamanannya, yaitu pada comfort zone. Namun ketika kenyamanan memberikan kekuatiran, maka seseorang akan memasuki fear zone. Melewati zona ketakutan ini, seseorang kemudian mulai belajar sehingga ada pada learning zone.

Untuk memikirkan hal-hal yang baru, maka mindset harus melakukan 3 A:

  • Seseorang menerima keadaan yang ada dan berpikir positif dengan mengubah cara kerja, mengubah proses kerja, juga menghasilkan produk-produk yang inovatif
  • Seseorang harus bisa mengadopsi hal-hal yang baru. Mereka meninggalkan pola Kerja yang lama dan membuat pola kerja yang baru.
  • Terjadi perubahan termasuk pada customer sehingga membuat mindsetjuga berubah.
  1. Technology.

Saat ini, sudah tidak mungkin dapat hidup tanpa teknologi. Setiap orang diwajibkan mengikuti dan menggunakan teknologi yang ada.

  1. Managing People

Kini semua yang terkait ‘manusia’ bukan lagi urusan SDM, tetapi para owner dan semua orang. Managing People akan mengarahan semua orang untuk menjadi produktif sehingga dapat menghasilkan produk yang bagus, proses yang bagus, perusahaan engage.

Klik link ini untuk mendengarkan perbincangan kami:

BUSINESS LOUNGE JOURNAL TALK, 3nd SERIES, EPISODE 2

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Editor in Chief Business Lounge Journal and Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Leave a Reply

Your email address will not be published.