Applikasi Identifikasi Tanaman PlantSnap Bermitra dengan Snapchat

(Business Lounge Journal – Technology)

PlantSnap, aplikasi identifikasi tanaman dan media sosial dengan teknologi termutakhir, paling komprehensif dan akurat di dunia, hari ini menjadi mitra baru bagi platform Scan milik Snapchat. PlantSnap akan menghadirkan pengalaman berguna, menarik, dan relevan lewat kamera Snapchat. Kini, pengguna Snapchat bisa segera mengidentifikasi lebih dari 600.000 tanaman dari Snapchat Camera.

Algoritma machine learning PlantSnap akan menganalisis dan mengenali tanaman, serta langsung menunjukkan nama-nama tanaman pada layar. Fitur tersebut dapat digunakan mulai hari ini.

“Kita perlu memahami peran kita sebagai bagian dari alam, bukan terpisah dari alam. Untuk itu, kita bertanggung jawab untuk melestarikan dunia demi generasi masa depan. Jadi, kami membuat sebuah perangkat yang mengajak berbagai orang untuk berhenti sejenak serta menjelajahi keindahan dan keajaiban dunia yang kita tinggali,” ujar Eric Ralls, Founder – CEO PlantSnap. “Dengan membawa kembali orang-orang ke alam lewat teknologi, PlantSnap membantu kawula muda dan pengguna dewasa sehingga mereka merasa sebagai bagian penting dari planet yang luar biasa ini. Secara bersama-sama, kita bisa membantu dunia untuk menyadari bahwa manusia ialah pelayan, bukan pemilik bumi.”

PlantSnap tak hanya menghubungkan orang dengan alam, namun juga menyusun bank data tanaman yang menjadi informasi berguna bagi penggemar serta praktisi. PlantSnap diterjemahkan dalam 37 bahasa, dan dipakai di lebih dari 200 negara setiap hari. Hingga kini, bank data PlantSnap memuat lebih dari 620.000 tanaman. Aplikasi kami juga telah diunduh 35+ juta kali. PlantSnap menjadi aplikasi pilihan tukang kebun, pejalan kaki, desainer lanskap, guru, pelajar, penjelajah, serta siapa pun yang ingin menikmati alam.

“Di PlantSnap, kami membangkitkan minat terhadap keindahan dan keajaiban alam, serta menghadirkan kehidupan tanaman yang luar biasa di sekeliling kita setiap hari. Kami juga membantu para ilmuwan dan penggemar alam dengan teknologi yang bisa mendokumentasikan dan membagikan berbagai penemuan mereka,” kata Ralls. “Hal yang paling menarik tentang integrasi PlantSnap pada Snapchat ialah kesempatan untuk menjangkau 229 juta pengguna harian Snapchat, sebagian besar di antaranya ialah generasi Z. Kami ingin menarik minat mereka terhadap tanaman, sambil menanamkan kecintaan dan apresiasi terhadap alam serta lingkungan sekitar.”

Foto-foto tanaman yang telah dipindai dan berbagai nama tanaman akan ditunjukkan pada user interface Snapchat, serta tautan untuk memperoleh informasi lebih lanjut (“Learn more”) tentang tanaman tersebut lewat aplikasi PlantSnap.

FA/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.