Bersikap Positif di Era New Normal

(Business Lounge Journal – Medicine)

New Normal adalah kehidupan baru yang  harus kita jalani. Dari beberapa grup pertemanan yang saya ikuti, lebih banyak orang yang stress menghadapi New Normal daripada mereka yang menyambut dengan positif. Ketakutan akan bertambahnya angka penderita COVID-19 menjadi perbincangan setiap hari, apalagi setelah pengumuman harian pertambahan  jumlah penderita dari pemerintah.

Sampai kapankah situasi ini akan berlangsung? Seperti artikel saya yang sebelumnya, bisa dua hingga tiga tahun lagi. (Baca: Bepergian ke Mall di Era New Normal? Tunggu dulu…).

Lalu bagaimana menyikapinya?

Sebelum pikiran ketakutan dan stress itu merusak lebih banyak hari-hari Anda mari kita ubah cara kita berpikir.  Cara yang terbaik adalah, berpikirlah positif.

Mengapa kita perlu berpikir positif?

Berpikir positif itu tidak sulit dan berikut ini adalah alasan untuk berpikir positif pada situasi hari-hari ini.

  • Ketakutan Anda tidak akan mengubah situasi pandemi dunia yang tengah berlangsung.
  • Ketakutan adalah sikap negatif yang hanya akan membuat stress bertambah dan semakin membatasi ruang gerak Anda.
  • Stress akan membuat imunitas Anda menurun dan justru akan semakin rentan terhadap sakit penyakit. Mengenal hal ini sudah banyak riset yang sejak tahun 1980 hingga sekarang telah membuktikan  bahwa stress menurunkan imunitas.
  • Stress hanya akan menurunkan produktifitas Anda dalam bekerja. Tidak ada orang stress yang dapat bekerja dengan produktifitas yang tinggi.
  • Berpikir positif mampu memberikan semangat baru dan gembira menjalani hidup.

Bagaimana caranya membasmi ketakutan dan pikiran negatif Anda?

Segala sesuatu tentu ada jalan keluarnya. Tidak ada yang tidak bisa! Cara-cara di bawah ini hanya sebagian kecil dari cara membasmi ketakutan dan pikiran negatif, namun dapat Anda simak.

  • Membalikkan cara berpikir adalah cara membasmi pikiran negatif dan hal ini harus dilakukan dengan rajin setiap kali pikiran negatif itu datang. Misalnya ketika Anda berkata, hidup lebih ribet dengan masker dan cuci tangan. Maka katakanlah yang sebaliknya, bahwa hidup lebih menyenangkan dengan protokol hidup sehat. Tiada hari tanpa hidup sehat dan sudah seharusnyalah begitu kehidupan yang sebenarnya. Menyenangkan bukan?
  • Bergaul dengan orang yang positif akan membuat Anda juga tertular apa yang positif dari pikirannya. Sebaliknya, bergaul dengan orang yang berpikiran negatif juga akan meracuni pikiran Anda. Kecuali jika Anda sudah memiliki pikiran positif yang kuat dan bahkan Andalah yang membawa pikiran positif yang mewarnai orang lain di dalam grup atau komunitas Anda.
  • Merespons semua yang Anda baca dan semua yang Anda dengar dengan respons positif. Mungkin kita biasa merespons negatif lebih dulu dan lewat begitu saja tanpa kita pikirkan. Tidak ada salahnya sekarang berpikir dahulu sebelum merespons segala sesuatu sehingga respons yang Anda keluarkan adalah respons yang baik , yang positif.

Dengan menjadi orang yang positif, kita bukan hanya menjadi lebih gembira namun juga lebih kuat dalam imunitas dan tentunya diharapkan dapat mewarnai sekitar kita dengan nilai-nilai positif yang kita miliki.

dr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Senior Editor, Coordinating Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Related Posts

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.