Home Businesses yang Tetap Berjalan Saat Pandemi

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Banyak orang sekarang ini tetap menghasilkan di tengah pandemi covid-19, yang diperoleh melalui kreatifitas. Beberapa kreatifitas yang tidak mahal namun tetap dapat dilakukan melalui rumah.

Vlog with YouTube

Karena setiap laptop, tablet, dan smartphone sekarang ini sudah dilengkapi dengan kamera internal, siapa pun dapat mulai membuat video dan mem-posting-nya ke YouTube. Jika memiliki pengetahuan yang ingin dibagikan, atau hal yang menghibur seperti musik, hobi, tips, maka dapat mulai mengambil untung dari vlog yang di dapat melalui iklan.

Managing web design

Ada banyak sekali situs di luar sana yang mengajarkan dasar-dasar mendesain web. Pelajari keterampilan baru hari ini. Bahkan untuk mereka yang bukan seorang perancang web, masih dapat menemukan perancang yang terjangkau dan masih lebih murah dari perusahaan perancang web profesional. Kunci mereka di sini adalah mengelola proses-sebagian besar bisnis tidak ingin melakukan ini dan bersedia membayar.

Creating information products

Jika memiliki pengalaman dengan pasar tertentu, maka dapat mulai menjual pengetahuan tersebut, dengan membuat produk seperti e-book atau video instruksional. Biaya biasanya tidak lebih dari waktu, nama domain, dan hosting web.

Blogging

Jika terbiasa dengan topik tertentu, maka dapat meluncurkan blog tempat  membagikan pengetahuan kita. Income bisa diperoleh dengan menjual ruang iklan, menjadi afiliasi atau memulai layanan berlangganan. Inilah sumber daya untuk memulai dengan blogging.

Social-media consultant

Bisnis dan individu selalu mencari orang untuk mengelola dan memelihara media sosial mereka, dan banyak bisnis akan membayar cukup mahal untuk layanan ini.

Secretarial online services

Ada banyak usaha kecil dan individu yang membutuhkan layanan seperti mengetik, menyalin, dan mengoreksi. Selama memiliki komputer, printer, dan keterampilan yang diperlukan, bisnis ini bisa berjalan dengan baik.

Resume-writing service

Banyak orang mengalami kesulitan menulis resume yang menakjubkan dan itu dapat menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan yang telah mereka minati. Jika memiliki keahlian untuk membuat resume, itu bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Domain name-buying

Domain dapat dibeli dengan harga murah. Jika sebuah bisnis muncul dan membutuhkan domain itu, kadang-kadang mereka akan bersedia membayar mahal untuk itu.

Flipping websites

Menggunakan situs seperti Flippa, maka dapat dibeli situs web, membangunnya, dan menjualnya. Hal ini dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Affiliate marketing

Jika memiliki blog dengan jumlah follower yang signifikan, maka dapat ikut menjadi afiliasi. Pada dasarnya, ini berarti bahwa setiap kali  merekomendasikan produk atau layanan orang lain, dapat menggunakan tautan afiliasi khusus diri sendiri yang diminta dari perusahaan (atau pasar seperti Amazon). Setiap kali pengunjung mengklik tautan itu dan melakukan pembelian, akan diterima komisi.

Pandemi Covid 19 diperkirakan akan segera berakhir namun telah merubah pola berbisnis, dengan beberapa tips ini bisa  dicoba untuk memicu produktifitas. Google dan Facebook telah memutuskan untuk merumahkan karyawannya hingga 2021, memang hal ini mengubah kondisi dunia saat ini. Jadi cobalah untuk menghasilkan kreatifitas yang produktif dari rumah, bukan mustahil saat bekerja di rumah, google berminat untuk bekerja sama, selamat mencoba.

Fadjar Ari Dewanto/Editor in Chief VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting. Penulis Leadership

Leave a Reply

Your email address will not be published.