Teknologi Sederhana untuk WFH

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Pandemi coronavirus mengakibatkan semakin banyak dari kita yang diminta untuk bekerja dari rumah, sekarang saatnya untuk memahami apa yang diperlukan untuk bekerja dari rumah selama lebih dari sehari pada masa ini.

Desktop atau Laptop

Secara umum work from home memiliki dua opsi: menggunakan komputer desktop atau laptop.Komputer desktop memiliki beberapa keunggulan, dengan satu kelemahan besar: desktop tidak dapat dipindahkan dengan mudah.

Sisi baiknya adalah desktop biasanya lebih murah, seringkali dapat ditingkatkan dengan cukup mudah dan murah. Sebagian besar desktop modern akan mampu menangani pekerjaan kantor umum. Mereka datang dalam dua jenis kategori menggunakan sistem operasi Apple iMac dan Windows. Namun untuk Anda yang bergerak di bidang IT, tentu Anda punya banyak opsi lain, misalnya Linux atau OS lainnya yang Anda sukai.

Headphone

Setelah komputer dan meja selesai diatur, headphone peredam kebisingan mungkin merupakan tip terbaik berikutnya, terutama berguna jika berkantor di rumah yang suasananya ramai. Headphone juga berguna untuk konferensi video atau panggilan telepon, karena sebagian besar headphone memiliki mikrofon internal. Laptop-laptop modern pun sebagian besar telah memiliki mikrofon, sehingga Anda tidak perlu membeli peralatan khusus baru untuk dapat melakukan video conferencing. Namun, tangkapan suara daripada mikrofon internal laptop biasanya lebih buruk daripada mikrofon yang ada pada headphone.

Webcam

Webcam adalah teknologi yang sangat penting untuk era seperti ini. Sebagian besar laptop modern juga sudah memiliki webcam. Kita sebenarnya jarang sekali menggunakan webcam ini, namun di era video conferencing seperti ini fitur ini menjadi sangat penting. Bagi Anda yang menggunakan PC di rumah, Anda terpaksa membeli webcam bila Anda ingin melakukan video conferencing. Bila Anda memiliki webcam, pastikan hanya software-software tertentu yang dapat mengakses webcam Anda. Sistem operasi modern seperti Windows 10 akan mengingatkan Anda apabila aplikasi tertentu mengakses webcam Anda, pastikan hanya aplikasi yang Anda kenal yang dapat mengakses webcam Anda.

Software

Setalah hardware sudah disiapkan, saatnya untuk memikirkan software (perangkat lunak). Kita mungkin memiliki alat yang disediakan oleh atasan, jika tidak ada, jangan kuatir, banyak perangkat lunak gratis dan mudah digunakan, jadi berikut ini beberapa saran:

Documents and spreadsheets

Jika kita memerlukan word processor untuk pengetikan atau pengolahan data untuk spreadsheets, banyak dari fitur Google yang membantu Anda. Tentu Anda harus dapat mengakses fitur-fitur ini, tetapi Google menyediakan software-software ini secara gratis tanpa pungutan biaya. Google Docs dan Google Spreadsheets dapat Anda akses dengan mudah, dan untuk penyimpanan juga tersedia dalam Google Drive yang aman, dan dapat dipindahkan ke mana saja. Alternatif lainnya ialah Microsoft Office, yang merupakan “gold standard” dalam bidang documents dan spreadsheet. Namun Microsoft Office berharga cukup mahal, meskipun di sisi fitur sangat lebih lengkap daripada Google. Alternatif lainnya bila Anda ingin software documents dan spreadsheets ialah Open Office, tersedia juga dengan gratis, dan dapat Anda unduh pada website Open Office.

Image editing

Sebagian besar computer sudah memiliki image editing yang built in didalamnya. Seperti Microsoft’s Photos dan Apple’s Preview or Photos. Paint.Net applikasi yang sederhana namun lengkap pada Windows, dan Google Photos juga dapat dipakai untuk pekerjaan basic photo improvement. Untuk image editing, bila Anda terkoneksi dengan Internet Anda juga dapat menggunakan Canva, yang fitur gratis nya pun sudah menyediakan pemrosesan gambar yang cukup menawan. Dan jangan lupakan juga smartphone Anda, di era kini sudah tersedia banyak sekali aplikasi menarik, baik di iOS maupun di Android, yang memungkinkan Anda melakukan image editing dengan mudah. Favorit saya pribadi ialah Google Snapseed, Adobe Lightroom, atau Retouch. Bila Anda adalah orang yang suka melakukan editing, jangan lupakan juga Unsplash yang menyediakan foto-foto yang dapat Anda olah kembali tanpa royalti.

Video conferencing

Sekarang ini kebanyakan orang menggunakan beberapa applikasi seperti Zoom, Google Chat, Microsoft Teams and lainnya. Namun alat utama yang digunakan biasanya Microsoft’s Skype, Google’s Duo and Apple’s Face Time – ini hanya bekerja pada produk Apple. Ada juga applikasi phone-based messaging seperti Signal, WhatsApp and Facebook Messenger, menawarkan video chat, yang sangat mudah menggunakannya.

Kecepatan Broadband

Kita mungkin menemukan bahwa paket broadband lambat tidak cukup ketika dibagikan antara semua orang yang bekerja dan streaming di rumah pada saat bersamaan. Ini bukan hanya kecepatan download, namun konferensi video kerja, transfer file dan sebagainya menuntut kecepatan upload yang seringkali jauh lebih lambat saat dirumah.

Kita mungkin perlu membayar paket broadband yang lebih cepat, atau menghentikan streaming anak-anak saat kita bekerja.

Bila seluruh perlengkapan ini sudah siap saatnya bekerja dengan semangat dan tetap konsentrasi untuk menghasilkan produktifitas yang tinggi. Selamat bekerja dari rumah – WFH!

Fadjar Ari Dewanto/Editor in Chief VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting. Penulis Leadership

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.