Kerja dari Rumah, Kerja Jarak Jauh

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Kerja dari rumah adalah pesan yang disampaikan Presiden Jokowi menghadapi pandemic corona virus yang sudah berdampak besar pada Indonesia. Kesehatan masyarakat adalah prioritas penting bagi Presiden dan sekarang mesti disikapi oleh para pengusaha. Banyak diantara kawan pengusaha merasa tidak mudah untuk menerapkan hal ini.

Bagaimana meminimalkan pertemuan dengan pelanggan, rekan usaha, para supplier, bahkan atasan atau rekan kerja dapat dilakukan? Sementara target untuk pelayanan pelanggan, laporan yang tepat waktu, komunikasi bisnis yang sudah dibangun perlu terus dipertahankan.

Keseharian bekerja yang penuh dengan pertemuan fisik sekarang ini perlu segera digantikan. Apakah bisa karyawan bekerja tanpa pengawasan? Bagaimana bisa – sementara tidak saling bertemu, namun organisasi tetap bisa kompak untuk mencapai sasaran organisasi? Bertemu dengan pelanggan, bertatap muka dan bisa menikmati keakraban yang membuat pelanggan percaya, bagaimana sekarang menggantikannya?

Namun kondisi sekarang memaksa perubahan budaya kerja menjadi berbeda, bekerja dari rumah, bekerja jarak jauh. Banyak perubahan yang perlu dilakukan, agar ini bisa terjadi. Jenis pekerjaan yang tidak melibatkan mesin, memang bisa dilakukan dari rumah, melalui teknologi sekarang bisa terjadi. Namun bagaimana dengan operator mesin yang menghasilkan produk seperti pabrik batu bata ringan misalnya? Belum bisa dilakukan dari rumah. Bagaimana mereka yang bekerja sebagai penjahit di pabrik sepatu? Bagaimana mereka yang bekerja sebagai karyawan di building management? Tidak semua bisa ditangani secara remote dari rumah.

Namun untuk pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote dari rumah, maka ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh manajemen maupun karyawan. Pertama tentunya adalah masalah komunikasi, sangat berbeda komunikasi saat bertemu dengan tidak, saat bekerja dari dekat dan saat bekerja dari jauh. Sekali lagi teknologi memampukan hal ini. Melalui chat, video conference, conference call, masih memungkinkan dilakukan. Kedua bagaimana cara mengawasi karyawan jarak jauh? Kalau pengalaman saya bisa dilakukan melalui target yang telah ditetapkan. Kualitas pekerjaan bisa dilakukan melalui hasil yang dikirimkan secara online. Beberapa perusahaan menerapkan daily update sebagai pengawasan untuk pekerjaan yang dilakukan. Perubahan mendasar yang perlu dilakukan adalah bagaimana membuat indikator-indikator kinerja karyawan kepada bentuk-bentuk yang bisa dievaluasi secara online.

Kerja dari rumah, memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan dan karyawan. Menurut penelitian bekerja dari rumah lebih efisien dan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Karyawan sendiri merasakan balance of life sebagai kebutuhan yang terpenuhi. Pergeseran untuk mengubah budaya kerja ini perlu disiapkan, namun dengan perubahan yang diharuskan ini akan membentuk cara kerja baru. Kondisi ini akan mempercepat peningkatan kerja dari rumah, yang diperkirakan pada tahun 2030 akan meningkat sebesar 30 persen.

Fadjar Ari Dewanto/Editor in Chief VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting. Penulis Leadership

Leave a Reply

Your email address will not be published.