Membangun SDM Unggul

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Dalam lima tahun ke depan, Presiden Jokowi telah mencanangkan untuk membangun SDM Unggul. Semua kebijakan yang diambil akan memperhitungkan dampaknya pada pengembangan SDM. Hal yang kerap kali kita lupa bahwa Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia (setelah Tiongkok, India, dan AS). Belum lagi komposisi terbesar ada pada penduduk usia kerja (15 – lebih dari 64 tahun) yaitu hampir 70%. Tabel yang dikeluarkan BPS untuk Statistik Indonesia 2010 dan 2035 menunjukkan angka usia kerja yang kita miliki mempunyai komposisi yang lebih banyak. Sehingga SDM memang dapat menjadi faktor yang kita unggulkan untuk maju.

Sebagaimana yang telah pernah kita bahas bahwa ada 2 faktor yang dapat kita kategorikan menjadi strategi di dalam meningkatkan kualitas SDM:

  • Faktor Internal, yaitu apa yang dimiliki oleh karyawan. Termasuk ke dalam faktor ini adalah pendidikan, keterampilan, keahlian serta nilai tambah.
  • Faktor External, yaitu apa yang ada di luar tenaga kerja yang dapat menjadi stimulus bagi tenaga kerja. Nah, dalam hal ini pemerintah dan pengusaha akan memiliki peranan yang sangat penting.

Mari kita simak Faktor Internal dan Eksternal dalam Mencetak SDM yang Berkualitas

Business Lounge Journal/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.