Presiden Jokowi: Masyarakat dapat Tetap Waspada dan Tenang, serta Beraktivitas seperti Biasa

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Hari ini Presiden Jokowi kembali memberikan keterangan mengenai virus corona yang baru saja dikonfirmasi kemarin. Bagaimana ada dua orang WNI yang dinyatakan positif terkena virus Corona. Presiden menyatakan bahwa pemerintah telah melacak semua orang yang teridentifikasi sempat melakukan kontak dengan kedua pasien tersebut. Dalam keterangannya Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah melakukan upaya maksimal untuk mencegah meluasnya penularan dari titik awal dan menjadi wabah di dalam negeri. Salah satunya juga dengan melakukan pengawasan terhadap mereka yang telah berhubungan dengan kasus 1 dan kasus 2.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ia berharap masyarakat dapat tetap waspada dan tenang, serta beraktivitas seperti biasa. Gejala virus Covid-19 ini memang mirip dengan flu dan fakta yang ada bahwa sebagian besar dari pasien yang ada, baik di Wuhan, Italia, Jepang, atau Iran juga beberapa negara lainnya, hampir semuanya dapat pulih kembali. “Jadi kita tidak perlu terlalu ketakutan akan masalah ini. Tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam beraktifivtas. Selain itu harus meyakini bahwa ini bisa ditangani,” demikian dikatakan Presiden Jokowi.

Ia pun kemudian menambahkan supaya masyarakat dapat tetap berdoa untuk kedua pasien yang telah dinyatakan positif mengidap COVID-19 agar pulih kembali. “Saya sama-sama berdoa meminta dukungan empati dan simpati bagi kedua pasien,” demikian disampaikan Pak Jokowi. Selain itu,Pak Jokowi pun memerintahkan para menteri untuk mengingatkan RS dan pejabat pemerintah agar tidak membuka privacy pasien, melainkan harus menghormati kode etik. Hak pribadi pederita corona harus dijaga, tidak boleh keluar ke publik. Ini etika kita dalam berkomunikasi. Media juga harus menghormati privacy pasien Sehingga secara psikologis mereka tidak tertekan dan dapat segera pulih.

Ada beberapa hal yang dibahas oleh Presiden Jokowi sebagai langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat terkait penularan virus Corona, yaitu dengan sering mencuci tangan dan jangan menyentuh wajah dengan tangan. Namun, hal yang terbaik adalah dengan menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh sehingga meningkatkan imunitas tubuh.

Presiden Jokowi juga mengingatkan supaya masyarakat tidak perlu memborong kebutuhan sehari-hari, “Justru yang membuat langka itu karena pembelian yang besar-besaran.” Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok dan obat-obatan yang ada, “Saya sudah perintahkan kapolri untuk menindak tegas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan moment seperti ini, dengan menimbun masker dan kemudian menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Hati hati saya sudah peringatkan!” tegas Presiden Jokowi.

Presiden juga menyampaikan bahwa dua kasus yang ada telah ditangani sebaik-baiknya oleh pemerintah serta bagaimana pemerintah siap menjaga dan melindungi masyarakat dari virus Corona. “Disinilah solidaritas sosial kita berfungsi dan mari kita bersama-sama mengatasi dengan kerja keras,” himbau Presiden Jokowi.

Business Lounge Journal/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.