Perencanaan Karir: Membangkitkan Semangat Kerja!

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Mungkin sudah terlalu sering Anda mengetahui betapa pentingnya “PERENCANAAN”. Perencanaan diperlukan dalam segala aspek kehidupan termasuk perencanaan karir yang saat ini Anda jalani. Namun demikian, masih sangat banyak orang mengabaikan hal ini. Ada baiknya untuk Anda berulang kali mengingatkan diri sendiri agar semakin mengerti untuk apa Anda bekerja hari ini. Jika Anda memiliki perencanaan yang baik, setidaknya Anda berusaha meminimalkan kegagalan. Hidup terlalu mahal untuk disia-siakan.

Mengapa perencanaan itu sangat penting? Hal yang paling utama menurut penulis adalah bahwa perencanaan itu sendiri identik dengan tujuan. Tujuan berisi gairah, semangat, fokus, kesadaran dan beberapa hal lainnya yang sangat berdampak pada pola pikir dan arah hidup seseorang. Sehingga tidak heran, salah satu pimpinan penulis mengatakan, “Manusia yang tidak memiliki tujuan sesungguhnya ia sudah mati meskipun ia masih hidup”.

Dari sini Anda dapat melihat betapa pentingnya memikirkan rencana apa yang akan Anda raih untuk masa depan karir Anda. Mulailah dengan hari ini! Apa yang Anda lakukan untuk mengisi hari ini, kemudian untuk seminggu, sebulan, dan tahun depan. Tentukan tujuan yang Anda mau capai. Buatlah rencana untuk mencapainya langkah demi langkah. Tujuan dapat saja berubah atau diubah dalam proses perjalanan karir itu sendiri, namun setidaknya Anda sadar arah yang dituju. Pada umumnya perilaku karyawan yang memiliki rencana dalam karirnya akan terlihat berbeda dengan yang sebaliknya.

Beberapa hal yang baik dan penting dalam membuat perencanaan perjalanan karir adalah:

  1. Tentukan “tujuan akhir” yang Anda inginkan. Ini merupakan mimpi terbesar untuk masa depan Anda. Fokus pada bidang yang Anda sukai dan inginkan.
  2. Tentukan rencana pencapaiannya dalam tahapan-tahapan waktu yang dapat Anda perkirakan. Misalnya: dalam 3 tahun kerja sudah ada di posisi Supervisor.
  3. Komitmenkan rencana dan hasil/target jangka pendek.
  4. Buatlah evaluasi saat ini. Hal ini penting untuk Anda menyadari: apa yang Anda miliki saat ini, apa yang masih kurang, bagaimana untuk melengkapi yang kurang saat ini untuk mengejarnya, langkah apa yang pertama harus Anda lakukan dan seterusnya. Misalnya saat ini bila Anda belum lancar menguasai Bahasa Inggris. Maka buatlah rencana untuk menyisihkan uang dan mengambil waktu khusus untuk belajar Bahasa Inggris.
  5. Petakan beberapa kemungkinan kegagalan dan keberhasilan karir Anda saat ini. Ini bertujuan agar Anda siap dan berani menghadapi apabila kenyataan yang Anda dapatkan tidak seperti yang Anda harapkan. Termasuk rencana untuk “hidup yang seimbang (life balance)”.
  6. Segera bangkit, semangat, ingatlah “tujuan akhir” apabila langkah Anda terhambat, atau sepertinya kondisi kerja saat ini sangat menekan.

Paling tidak, Anda tidak asal-asalan dalam menjalani pekerjaan Anda saat ini.  Anda memiliki tujuan dan milikilah gairah untuk mencapainya. Hari ini adalah bagian dari masa depan karir Anda.

Melsi Mike/BLJ/Contributor
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.