Putuskan Saja untuk Tidak Stress!

(Business Lounge Journal – Medicine)

Masalah stress sudah pernah kita bahas beberapa kali dan sangat jelas bahwa stress itu memiliki dampak yang fatal. (Baca: Stress will kill you bagian satu dan dua.) Namun tidak bisa dipungkiri bahwa stress ada di sekitar kita, bahkan untuk membantu para karyawan dapat menangani stress, management pun menyelenggarakan berbagai pelatihan seputar stress management. Sebab jika karyawan sampai dihinggapi stress, perusahaan sudah tentu akan dibebani biaya, baik itu dari sisi medis maupun dari sisi produktifitas. Salah satu yang pernah disuguhkan Business Lounge Journal dan menarik untuk disimak kembali, Manage your daily stress.

Namun seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka adalah lebih baik bagi Anda untuk dapat mengidentifikasi dan menghindari terjadinya stress ketika Anda merasakan sebuah ancaman stress. Kenalilah apa yang menjadi penyebab ke-stress-an Anda.

Pertama: Don’t do many thing at a time

Kalau sedang stress, jangan lakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Tetapi fokuslah pada hal yang utama dan yang dianggap penting. Kalau melakukan banyak hal dalam keadaan stress maka akan cenderung menghasilkan kecerobohan, kekacauan, dan kesalahan lagi dan lagi. The worst yang dapat terjadi adalah Anda harus mengulang kembali pekerjaan yang sudah Anda kerjakan oleh karena kesalahan yang ditimbulkan akibat stress. Fokus dan jangan konsenterasi terpecah saat menyelesaikan satu pekerjaan yang menjadi pekerjaan utama.

Kedua: Cut down on competitive stress

Zaman sekarang penuh persaingan, belum lagi gaya hidup dan kebiasaan hidup yang terus berubah serta berkembang sejalan dengan perkembangan zaman. Kebutuhan anak di sekolah, kebutuhan handphone yang pesat. Kalau kita tidak sadar, kita akan terpuruk dengan kondisi lingkungan sekitar yang mendesak kita sehingga berpikir hal yang tidak berguna karena sibuk melihat orang lain. Jika kita hanya dikuasai hal material maka kita tidak akan berpikir jernih apa yang menjadi akibatnya bila tidak dapat melihat permasalahan dan kesempatan yang ada dengan jelas.

Ketiga: Throw something out every day

Seringkali setiap memulai hari, pikiran kita langsung dipenuhi oleh hal-hal dan kekhawatiran yang tidak penting. Padahal kita tidak perlu melakukan rutinitas yang monoton setiap hari. Berapa banyak rutinitas yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari? Kita perlu melakukan sesuatu yang menyenangkan, sejenak keluar dari lingkaran rutinitas yang seakan mengekang waktu kita.

Keempat: Enjoy your time and activity

Kenapa menjadi stress dan tidak menikmati  hidup? Karena pola pikir/mindset yang menganggap semakin banyak pekerjaan maka waktu akan habis tersita. Ingat yang terpenting bukanlah jumlah, tetapi kualitas dari sebuah pekerjaan. Belajarlah melakukan suatu pekerjaan dengan senang, enjoy, dan menikmati setiap aktivitas pekerjaan yang kita lakukan. Jangan biarkan kekhawatiran dan ketakutan membuat hidup bertambah berat.

Just enjoy your time and do your activity with laugh!

Felisha S/VMN/BLJ/Contributor
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

3 Responses

  1. Bella

    Setuju, jika kita lakukan pekerjaan kita dengan enjoy, pasti tidak stress

    Reply
  2. Dyah MN

    Bener juga, stress itu pilihan.. Kalau memilih yang baik dan melakukan apa yang baik pasti hidup jadi lebih menyenangkan. Thanks ya…

    Reply
  3. Dina

    Artikel yang sangat penting untuk dibaca agar terhindar dari stress.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.