Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia: Ekspansi ke e-Healtcare dan Tourism

(Business Lounge Journal – Global News)

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia dalam acara PE-VC Summit 2020 yang berlangsung pada hari Rabu, 15 Januari 2020 di Hotel Westin menyampaikan bahwa grab sangat fokus kepada delivering value terhadap customer, artinya benar-benar mengerti apa yang customer butuhkan dan mereka menterjemahkannya dalam produk, layanan, dan teknologi.

Ridzki menyampaikan bahwa semuanya telah berjalan sangat efektif dan bisnis Grab sudah sangat berkembang sejak lima tahun yang lalu ketika baru dirintis.

“Sekarang berdasarkan research tahun 2018 saja kita sudah berkontribusi sebesar 48,9 triliun kepada ekonomi Indonesia berdasarkan pada CSIS Research. Kota-kota telah berkembang, sekarang kita sudah melayani 234 kota dari total 500-an kota di Indonesia. That’s very good. Kami melayani di Indonesia sekarang lebih dari 5 juta micro entrepreneurs“, demikian penjelasan dari Presiden Grab Indonesia.

“Apa yang kami lihat pada masa yang akan datang, khususnya dalam jangka pendek tentu saja akan segera berkembang, tetapi tetap menciptakan nilai bagi pelanggan, menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk grab juga di sini. Artinya memberikan masukan pada keuntungan untuk Grab dan sangat penting nanti adalah kita akan meluncurkan pelayanan-pelayanan yang relevan terhadap market,” demikian ditegaskan kembali oleh Ridzki.

Salah satu ekspansi yang Grab telah lakukan adalah e-healthcare yang diharapkan akan berkembang dengan sangat cepat, bukan hanya karena komitmen dari Grab sendiri tetapi juga dengan didukung oleh teknologi dan terkait kebutuhan masyarakat akan e-healthcare juga sangat tinggi. Kondisi yang ada saat ini memang akses pada healthcare masih sangat rendah di beberapa tempat terutama di timur Indonesia. Dengan adanya penggunaan teknologi ini tentunya ini sangat memperbaiki akses terhadap kesehatan. Presiden Grab Indonesia menyatakan bahwa hal-hal seperti ini akan terus berkembang menjadi bagian pada jangka pendekdari grab di Indonesia.

Menutup pertemuannya dengan Business Lounge Journal dan juga menjelaskan rencana Grab semakin ke bagian timur dari Indonesia, maka demikian disampaikan Ridzki. “Definitely perkembangan kita di bagian timur dari Indonesia juga sangat cepat. Kita juga berharap masuk ke area-area bukan hanya e-healthcare tapi juga tourism. Terutama untuk membantu di bagian timur Indonesia dan juga untuk membantu beberapa super destinasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah di Indonesia.”

Business Lounge Journal/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.