Bagaimana Membuat Anggaran Bisnis dengan Mudah (Bagian 2)

(Business Lounge Journal – Finance and Tax)

Ada 3 langkah yang telah kita pelajari sebelumnya untuk membuat anggaran bisnis dengan mudah. (Baca: Bagaimana Membuat Anggaran Bisnis dengan Mudah Bagian 1). Sekarang kita pelajari 3 langkah selanjutnya.

Langkah 4: Tetapkan Dana Kontingensi untuk Biaya Tak Terduga

Apakah Anda sudah menjalankan bisnis sebelumnya atau tidak, kita semua tahu bisa terjadi tiba-tiba satu kali ada biaya satu kali yang harus dikeluarkan pada saat yang tidak diduga. Misalnya sehari sebelum Anda menjadi tuan rumah bagi seluruh keluarga Anda untuk acara Tahun Baru dan lemari es padam. Atau ketika Anda sedang dalam perjalanan menuju presentasi terbesar dalam karier dan mobil Anda mogok, tidak bisa jalan.

Biaya ini muncul pada saat Anda paling tidak mengharapkannya dan biasanya ketika anggaran sedang ketat. Cegah ketakutan akan biaya tak terduga saat menganggarkan untuk bisnis Anda dengan memastikan Anda memiliki uang tunai ekstra dan rencanakan selalu ada dana kontinjensi dalam anggaran Anda.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk membelanjakan surplus pendapatan apa pun untuk pengeluaran variabel, tetap sisihkan sebagian ke dalam dana darurat. Dengan begitu, Anda akan siap ketika peralatan rusak dan perlu diganti, atau Anda perlu dengan cepat mengganti inventaris yang rusak karena banjir. Tentu saja, selalu ada opsi untuk pinjaman usaha kecil — tetapi lebih banyak pilihan lebih baik daripada sedikit.

Langkah 5: Buat Laporan Laba & Rugi Anda

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi di atas, sekarang saatnya menyatukan semuanya untuk membuat laporan laba dan rugi Anda, atau Profit &Loss.

Hanya berbicara tentang P&L dapat memunculkan perasaan kuatir bagaimana dengan hasilnya. Tapi ingat, Anda sudah melakukan semua langkah demi langkah. Semua itu adalah penambahan dan pengurangan: tambahkan semua penghasilan Anda untuk bulan itu dan tambahkan semua pengeluaran Anda untuk bulan itu. Kemudian, kurangi pengeluaran dari pendapatan dan berharap Anda mendapatkan angka positif di akhir.

Jika ya, Anda mendapat untung! Jika tidak, itu kerugian — dan tidak apa-apa juga. Bisnis tidak selalu menguntungkan setiap bulan, apalagi setiap tahun. Terutama ketika Anda baru memulai sebagai bisnis.

Langkah 6: Buat Anggaran Bisnis Anda ke Depan

Baik Anda pebisnis baru atau yang sudah lama melakukan ini, memproyeksikan apa yang akan terjadi pada bisnis Anda di masa depan adalah suatu langkah yang penting. Jika Anda sudah menjalankan bisnis untuk sementara waktu, itu pasti akan membantu keakuratan dalam membuat prediksi tersebut.

Sekarang setelah Anda membuat P&L — yang merupakan laporan historis yang menunjukkan masa lalu bisnis Anda — inilah saatnya untuk membuat anggaran Anda dan ini adalah laporan yang berpikiran maju, berfokus pada masa depan. Dalam membuat proyeksi P&L maka akan membantu Anda lebih memahami naik turunnya musiman bisnis Anda, investasi mana dalam bisnis Anda yang layak diulangi, dan apa yang harus Anda hindari di masa depan.

Beberapa tren yang ada dapat dijadikan dasar dalam membuat anggaran misalnya:
Tren musiman karena cuaca buruk, bencana alam, atau kekacauan ekonomi
Tren musiman karena kalender sekolah, pola perjalanan wisata, atau keterbatasan pasokan

Saat memeriksa P&L Anda, Anda perlu melakukan analisa untuk menjelaskan fluktuasi dan perubahan dalam bisnis Anda. Ketika mengetahui bulan-bulan yang paling menguntungkan itu akan membantu Anda memprediksi seperti apa tahun depan Anda nantinya. Anda juga dapat mengambil informasi itu dan memutuskan untuk mempekerjakan lebih banyak staf dan memperpanjang jam kerja Anda selama waktu-waktu tertentu dalam setahun, sehingga dapat membuat bisnis Anda semakin menguntungkan di bulan-bulan yang permintaannya paling tinggi.

Endah CaratriEndah Caratri/Partner in Management and Technology of Vibiz Consulting, Vibiz Group/VMN/BL

Leave a Reply

Your email address will not be published.