Patrick Waluyo, Co-Founder Northstar Group: Market Startup Indonesia Paling Bagus se-Asia Tenggara

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Dalam acara PE-VC Summit 2020 yang berlangsung pada hari Rabu, 15 Januari 2020 di Hotel Westin, Business Lounge Journal menyempatkan diri berbincang dengan Patrick Waluyo, Co-Founder dan juga Managing Partner Northstar Group. Northstar Group sendiri merupakan perusahaan ekuitas swasta yang berkantor pusat di Singapura yang mengelola lebih dari US $ 2,0 miliar dalam modal ekuitas yang didedikasikan untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan startup yang ada di Indonesia dan juga di negara-negara lain di Asia Tenggara. Sejak didirikan pada tahun 2003, Northstar Group telah berinvestasi di lebih dari 30 perusahaan diantaranya yang sangat kita kenal Gojek. Northstar Group merupakan perusahaan pertama yang menyuntikkan dana kepada Gojek.

Patrick menyampaikan bahwa success rate dari startup yang menerima investasi dari perusahaannya relatif cukup tinggi. Mereka sendiri juga surprise oleh karena selama beberapa tahun ini success rate yang mereka alami terbilang bagus, namun demikian, Patrick mengatakan bahwa tidak mungkin untuk terus berharap demikian.

“Kalau kita punya portfolio besar di early stage pasti ada yang tidak seberhasil seperti kemarin-kemarin. But relatively kalau melihat statistik international, success rate-nya cukup tinggi,” demikian disampaikan Patrick. Patrick juga memaparkan appetite perusahaannya saat ini adalah perusahaan yang terkait dengan mass market, consumer Indonesia, add values, unique business model, dan juga good founders.

“Kalau di East Asia, kita marketnya paling besar, kalau dilihat dari company-company yang sudah sukses juga kita marketnya paling banyak. Kita juga aktif di tempat-tempat lain, kita lihat di Vietnam, Singapore, Malaysia, rasanya masih paling bagus di Indonesia”, demikian ditegaskan Patrick Waluyo.

Business Lounge Journal/BLJ/VMN

Leave a Reply

Your email address will not be published.