Bagaimana Membuat Anggaran Bisnis dengan Mudah (Bagian 1)

(Business Lounge Journal – Finance and Tax)

Langkah demi langkah ini akan membuat Anggaran Bisnis Anda dapat dibuat semudah mungkin. Anda akan melihat bahwa proses penganggaran bisnis dimulai dengan melihat pada pendapatan dan pengeluaran dari masa lalu Anda. Semakin lama Anda sudah menjalankan bisnis, semakin mudah proses ini terjadi, karena Anda akan memiliki lebih banyak data untuk dianalisa kembali ketika Anda akan membuat anggaran pada tahun yang akan datang.

Namun, jika bisnis Anda masih baru, Anda mungkin harus melakukan riset yang lebih luas tentang biaya-biaya yang biasa terjadi dalam industri atau area Anda untuk mengumpulkan data untuk estimasi keuangan Anda. Apakah Anda mengumpulkan informasi dari dalam bisnis Anda sendiri atau membuat perkiraan perkiraan berdasarkan penelitian, akan ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menciptakan anggaran kerja pertama Anda. Anda akan melihat betapa mudahnya membuat anggaran suatu bisnis ketika Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Periksa Penghasilan Anda

Langkah pertama dalam setiap membuat suatu anggaran adalah melihat ke belakang pada bisnis Anda yang sudah ada dan menemukan semua sumber pendapatan Anda (alias penghasilan). Tambahkan semua sumber pendapatan itu bersama-sama untuk mengidentifikasi apa saja yang masuk ke bisnis Anda setiap bulan.

Saat menemukan penghasilan Anda, pastikan untuk menghitung pendapatan, bukan laba. Pendapatan Anda adalah semua uang yang masuk ke bisnis sebelum biaya dikurangi. Keuntungan adalah apa yang tersisa setelah semua biaya dikurangi.

Setelah Anda mengidentifikasi semua aliran penghasilan Anda, hitung penghasilan bulanan Anda. Penting untuk melakukan ini selama beberapa bulan — dan lebih baik setidaknya selama 12 bulan sebelumnya, asalkan Anda memiliki banyak data yang tersedia.

Dengan 12 bulan (atau lebih) informasi, Anda dapat memeriksa bagaimana pendapatan bulanan Anda berubah seiring waktu dan mencari pola musiman. Bisnis Anda mungkin mengalami kemerosotan setelah liburan, misalnya, ketika baru awal tahun. Mengetahui tentang perubahan musiman ini akan memastikan bahwa Anda dapat mempersiapkan diri lebih awal untuk bulan-bulan yang agak sulit, sehingga memberikan Anda kenyamanan finansial.

Langkah 2: Kurangi Biaya Tetap

Langkah kedua dalam membuat anggaran bisnis adalah menambahkan semua biaya tetap Anda. Istilah biaya tetap berlaku untuk setiap biaya yang diperlukan secara berulang untuk operasi bisnis Anda. Biaya tetap dapat terjadi setiap hari, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan, jadi pastikan untuk mendapatkan data sebanyak yang Anda bisa.

Contoh biaya tetap dalam bisnis Anda mungkin termasuk:

-Biaya sewa
– Persediaan
– Pelunasan hutang
– Daftar gaji
– Penyusutan aset
– Pajak
– Asuransi

Jika bisnis Anda unik bisa saja Anda akan memiliki biaya tetap yang berbeda dari yang dijelaskan di sini. Luangkan waktu beberapa menit untuk mencatat biaya tetap lainnya yang mungkin terkait dengan bisnis Anda. Setelah Anda mengidentifikasi biaya tetap bisnis Anda, Anda akan mengurangi itu dari penghasilan Anda dan pindah ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Tentukan Biaya Variabel

Ketika Anda mencari data yang Anda butuhkan untuk mencantumkan biaya tetap Anda, Anda mungkin juga memperhatikan ada beberapa biaya variabel dalam bisnis Anda juga.

Biaya variabel adalah biaya yang berubah tergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan layanan ini. Banyak dari ini diperlukan agar bisnis Anda tetap beroperasi, seperti utilitas.

Beberapa contoh pengeluaran variabel adalah:

-Gaji pemilik
– Mengganti peralatan lama
– Peralatan Kantor
– Penambahan karyawan profesional
– Biaya pemasaran
– Keperluan

Selama bulan-bulan saat bisnis sedang turun, maka Anda harus menurunkan biaya variabel bisnis Anda, dimulai dengan pengeluaran yang tidak harus dikeluarkan. Namun, selama bulan-bulan yang menguntungkan ketika ada penghasilan tambahan, Anda dapat meningkatkan pengeluaran untuk pengeluaran variabel dengan tujuan keuntungan dalam jangka panjang bisnis Anda.

Bersambung ke bagian 2

Endah CaratriEndah Caratri/Partner in Management and Technology of Vibiz Consulting, Vibiz Group/VMN/BL

Leave a Reply

Your email address will not be published.