Sembilan Langkah Meningkatkan Audiens Video YouTube

(Business Lounge Journal – Tech)

Menaikan viewer youtube video merupakan keinginan setiap orang yang menaikan video di youtube channel. Persaingannya memang sangat ketat, saat ini promosi atau informasi banyak menggunakan youtube channel untuk tujuan komersial dan tujuan lain.

Bagaimana sebenarnya menarik audiens sebanyak mungkin ketika terjadi persaingan yang ketat? Dari riset sederhana yang saya lakukan maka kebanyakan video yang memiliki jumlah viewer tinggi dimiliki oleh video yang menghibur bukan hanya informatif. Jika berhasil mengaitkan audiens dengan video yang menarik, ada kemungkinan lebih besar bahwa mereka akan mengunjungi youtube channel untuk mempelajari lebih lanjut tentang tujuan atau kampanye. Tetapi harus menarik orang lebih dulu secara emosional – membuat mereka tertawa, membuat mereka menangis, atau membuat mereka memikirkan sesuatu dengan cara yang baru dan menarik.

Beberapa gagasan tentang bagaimana meningkatkan view video di youtube channel tanpa pengeluaran ekstra untuk iklan di dunia maya.

Pertama, fitur di halaman youtube. Tepat setelah menambahkan video ke youtube, pastikan video itu adalah video unggulan di halaman depan. Orang-orang yang melihat halaman youtube channel harus melihat video terbaru. Itu membuat youtube channel terlihat terkini, terkini dan relevan, dan menempatkan video di pusat perhatian pengguna youtube.

Kedua, pilih thumbnail yang baik. Jika mengizinkan youtube untuk memilih thumbnail secara otomatis, itu mungkin tidak akan sangat menarik. Gunakan fitur dan desain sendiri untuk mengambil gambar dari video yang secara emosional menarik, dan unggah dalam pengaturan video.

Ketiga, buat judul yang pendek dan menarik. Judul video tidak harus menggambarkan isi video. Jadikan audiens judul-sentris, dan pikirkan apa yang membuat audiens ingin mengeklik video dan cobalah untuk tetap singkat – judul yang lebih pendek lebih baik untuk klik-tayang.

Keempat, pilihlah tag yang akan bagus untuk SEO. Audiens menggunakan youtube sebagai mesin pencari – jadi berpikirlah seperti audiens, pikirkan tentang apa yang dicari oleh audiens, dan pastikan kata kunci tersebut termasuk dalam tag video. Ingatlah bahwa apa yang dicari orang tidak selalu merupakan deskripsi video yang akurat.

Kelima, tuliskan deskripsi video yang bagus. Dalam deskripsi video, pertimbangkan untuk memberi tahu orang lain sebuah cerita alih-alih menggambarkan apa yang terjadi di video. Bersikap menghibur, dan ingat bahwa area deskripsi bukan tempat untuk mencapai titik pesan.

Keenam, penting untuk tahu tentang anotasi video, anotasi harus muncul setidaknya 30 detik ke video dan tepat sebelum akhir video dan harus menyediakan tautan tempat orang untuk keinginan lebih lanjut.

Ketujuh, unggah transkrip video dalam bahasa Inggris, dengan mengunggah transkrip video bahasa Inggris, video akan mulai muncul dalam pencarian youtube bahasa Inggris. Transkrip memberi tahu youtube tentang kata kunci apa yang ditampilkan dalam video dan sangat meningkatkan kemungkinan audiens akan menemukan melalui pencarian youtube.

Kedelapan, posting lebih awal dan sering. Orang-orang tidak mengklik pada setiap tautan yang diposting oleh pada platform media sosial organisasi. Pastikan terus mengepos video secara rutin setidaknya selama sebulan, dan jaga agar posting tetap segar dengan mengubah tajuk utama dan gambar yang Anda tampilkan. Ini akan mencakup pemirsa secara dramatis dengan meningkatkan pemaparan ke pemirsa baru.

Kesembilan tambahkan lightbox atau pop-up di situs web. Ini konten baru dan penggemar terbesar akan senang melihatnya.

Tujuannya adalah video yang sudah dibuat harus dilihat. Dengan mengambil beberapa langkah kecil, dapat secara dramatis meningkatkan jumlah orang yang menonton video tanpa mengeluarkan uang tambahan untuk iklan digital.

Fadjar Ari Dewanto/Editor in Chief VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting. Penulis Leadership

3 Responses

  1. Dahlia. M

    Terimakasih untuk informasinya. Jadi menambah pengetahuan untuk buat video di YouTube

    Reply
  2. Melva

    Membaca artikel seperti ini menambah pengetahuan dan memicu untuk memikirkan lagi cara2 inovatif yang dapat dilakukan untuk berbagai tujuan sesuai langkah2 diatas.

    Reply
  3. Indiah

    Terimakasih infonya. 9 langkah ini perlu diketahui oleh para youtuber.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.