Mengintip Persaingan Supermarket di Amerika

(Business Lounge Journal – Marketing and Service)

Sesuatu yang bersifat unik selalu memiliki  peluang untuk menang dalam persaingan. UVP (Unique Value Proposition) sangat menentukan apakah suatu usaha memiliki strength/kekuatan yang mampu menumbuhkan suatu kepercayaan pelanggan yang membuat pelanggan tidak akan pergi ke mana-mana dan menjadi loyal karena UVP itu tidak akan ditemukannya ditempat lain. UVP disebut juga USP (Unique Selling Proposition) membuat pemilik usaha atau penjual menawarkan hal yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya yang membuatnya berbeda dari kompetitornya.

Saat berkunjung ke Amerika tepatnya di daerah selatan Amerika, adalah menarik  bagi saya untuk memperhatikan bagaimana persaingan supermarket-supermarket di Amerika satu dengan yang lain. Supermarket yang biasanya disebut dengan grocery store cukup banyak dan dapat ditemukan di mana-mana. Jenisnya pun sangat beragam. Rata-rata dapat dikatakan  berbeda dan memiliki USP masing-masing. Tidak ada yang sama persis walaupun barang yang dijual tentu ada yang sama dan rata-rata supermarket ini memiliki target market yang jelas.

Cukup banyak supermarket di Amerika, namun mari kita lihat  beberapa supermarket yang dapat kita jadikan perbandingan untuk mempelajari keunggulan mereka dalam bersaing. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Wallmart

Wallmart sangat dikenal luas oleh masyarakat Amerika. Wallmart dikenal dengan kelengkapan barang yang dijualnya mulai dari barang sehari-hari hingga pakaian, kebutuhan mobil, hobbi, elektronik bahkan bertaman. Wallmart berhasil menciptakan image sebagai supermarket terlengkap, sehingga untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah Anda cukup hanya dengan one stop shopping di Wallmart.

Sangking luasnya, bisa sulit mencari barang di Wallmart. Namun jangan kuatir, Wallmart menyediakan aplikasi dapat menuntun Anda ke lokasi rak barang yang dituju. Soal hargapun, Wallmart menjamin bahwa jika ada barang yang sama persis namun dijual lebih murah di toko lain, Wallmart akan mengganti selisih harganya. Untuk cara pembayaran, selain kasir manual, tersedia juga mesin mandiri yang menolong orang yang berbelanja dapat menghitung, membayar, dan memasukkan sendiri belanjaannya. Wallmart juga menyediakan cara pembayaran dengan Wallmart pay, SNAP EBT (Electronic Bill Transfer). Wallmart juga ramah terhadap penderita obesitas, disabilitas, orang-orang tua yang mengalami kesulitan berjalan dengan menyediakan kereta belanja/shopping cart yang dapat dikendarai.

Dengan USP ini, Wallmart mampu bersaing dengan supermarket sejenis lainnya seperti Bi-Lo, Food Lion, dan lainnya.

  1. Whole Foods

Whole Foods menyediakan produk premium, khususnya natural and organic products. Produk seperti ini memiliki segmen market tersendiri dari kalangan “the have” dan mereka yang mementingkan kesehatan. Barang-barang yang dijual kualitasnya dijamin walaupun harga memang lebih mahal dari supermarket lainnya. Membeli barang di sini memang diakui para pelanggannya memberikan kepuasan kualitas. USP Whole Foods menekankan quality dan food safety dan  itu membuat Whole Foods menyatakan diri sebagai “American Healthies Groceries Store”

  1. Compare Food

Supermarket ini sebenarnya sama saja dengan supermarket lain yang menjual barang-barang keperluan dapur dan rumah tangga sehari-hari. Desain toko pun biasa saja, namun selalu ramai pengunjung. Mau tahu apa kelebihannya? Compare Food memiliki beragam jenis bumbu, makanan, minuman yang dijual adalah produk-produk khas Meksiko, Amerika latin. Dengan demikian, segmen market yang diraihnya pastilah tertentu. Rata-rata pengunjungnya dapat dipastikan adalah orang-orang Meksiko, Amerika Latin. Selain itu Compare Food juga bekerjasama dengan Uber untuk mengantarkan pengunjung yang berbelanja pulang ke rumah dengan cuma-cuma untuk pembelanjaan seharga tertentu.

  1. International Supermarket (Asian)

Sesuai dengan namanya, supermarket ini menjual produk-produk keperluan sehari-hari sama seperti di  Compare Food. Sama dengan Compare Food, desain toko tidaklah istimewa. Namun, yang satu ini khusus menjual produk-produk Asia dari Vietnam, Thailand, Korea, India, bahkan Indonesia.  Bagi orang Indonesia yang kangen Indomie, kecap ABC, permen kopiko, dan lainnya, dapat menemukannya disini. Jadi siapakah pelanggan setianya? Betul! Sudah pasti adalah orang-orang Asia, termasuk saya  tentunya.  Jika berada di tempat yang populasi Asianya cukup banyak, supermarket seperti ini tidak akan pernah sepi.

Memang jika bicara bumbu, makanan dan minuman, sudah pasti yang berasal dari negara sendiri selalu paling dirindukan. Biasanya itulah yang benar-benar menggugah selera apalagi bila tinggal dalam jangka waktu yang panjang. Itu sebabnya selalu ada peluang sukses bagi supermarket khusus yang menyediakannya. Jika berada di tempat yang populasi pendatangnya cukup banyak, supermarket seperti ini tidak akan pernah sepi.

Masih ada lagi supermarket-supermarket/grocery store seperti ALDI dan LIEDL yang menjual produk-produk berkualitas dari Jerman, dengan harga grosir. Menarik bukan?

Jadi jelas, tanpa USP maka suatu bisnis akan kalah dalam persaingan. Sebaliknya bila memiliki USP yang tepat dibutuhkan pelanggan, maka terciptalah pelanggan loyal yang tidak akan pergi meninggalkan Anda dan akan selalu kembali dan kembali lagi!

dr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.