Sepuluh Nilai Pokok yang Menjadi Nyawa Zappos

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Zappos telah menjadi begitu dikenal karena budaya uniknya pada penjualan sepatu online. Namun budaya yang nampak keluar tersebut tercermin dari apa yang telah dibangun di dalam Zappos. Perusahaan menyadari benar bahwa budaya perusahaan adalah salah satu kunci pokok keberhasilan baik untuk mendapatkan SDM terbaik maupun menarik perhatian pasar.

Budaya perusahaan ini tercermin mulai dari wawancara pada perekrutan yang paling tidak mengambil bobot 50% dari penentuan apakah kelak kandidat akan diterima atau tidak. Pada minggu pertama setelah perekrutan, maka karyawan baru akan mengikuti pelatihan, namun bilamana setelah pelatihan berakhir mereka merasa bahwa pekerjaan yang ditawarkan pada mereka tidak sesuai, maka mereka dapat mengundurkan diri dengan tetap mendapatkan upah sesuai dengan kesepakatan di awal.

Dalam pelatihan, para karyawan baru ditanamkan sepuluh nilai pokok yang dimiliki Zappos. Selain itu, para karyawan akan menerima kenaikan gaji berdasarkan kelulusan tes keterampilan yang disertai dengan peningkatan kemampuan. Sehingga kenaikan gaji bukan semata-mata masalah politik kantor. Managemen memang telah menyiapkan anggaran yang didedikasikan untuk pengembangan tim karyawan dan menerapkan budaya promosi perusahaan.

Zappos memang menyiapkan benefit yang luar biasa disertai tempat kerja yang menyenangkan dan didedikasikan oleh para karyawan guna membuat pelanggan bahagia. Hal ini memang sesuai dengan pendekatan Zappos terhadap budaya perusahaan bahwa ketika Anda memiliki budaya perusahaan yang baik, maka dengan sendirinya layanan pelanggan pun akan menjadi hebat, juga akan berdampak pada brand yang juga hebat.

Budaya perusahaan telah menjadi hal yang penting bagi Zappos, sehingga pihak rekruter pun akan mencari pekerja baru yang dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. Zappos telah mempromosikan budaya dan karyawan yang bahagia, yang pada akhirnya mengarah ke pelanggan yang bahagia.

Sepuluh Nilai Pokok Zappos

Zapos menterjemahkan budaya perusahaan yang dimilikinya ke dalam sepuluh nilai pokok yang kemudian menjadi dasar dari segala sesuatu yang berlaku di Zapos. Mulai dari bagaimana sistem dan management SDM dikembangkan, apa yang menjadi uraian pekerjaan semua karyawan, proses perekrutan, pelatihan di tempat kerja, hingga apa yang terjadi pada lingkungan kerja Zapos dalam kesehariannya.

Berikut adalah 10 nilai pokok perusahaan yang Zappos miliki.

  1. Deliver WOW Through Service
  2. Embrace and Drive Change
  3. Create Fun and A Little Weirdness
  4. Be Adventurous, Creative, and Open-Minded
  5. Pursue Growth and Learning
  6. Build Open and Honest Relationships With Communication
  7. Build a Positive Team and Family Spirit
  8. Do More With Less
  9. Be Passionate and Determined
  10. Be Humble”

Dalam penerapannya, kesepuluh nilai pokok ini tidak hanya membentuk nilai-nilai yang juga dimiliki para karyawan, namun juga pengunjung, pelanggan, dan para mitra Zappos.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development

One Response

  1. Indiah

    Betul budaya perusahaan adalah salah satu kuncii keberhasilan perusahaan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.