Bagaimana Pemimpin Membangun Nilai Pasar Perusahaan

(Business Lounge Journal – General Management)

Menentukan nilai pasar sebuah perusahaan tidaklah mudah. Buku-buku keuangan memiliki cara yang sederhana menghitungnya, ketika pendapatan perusahaan meningkat maka nilai pasar perusahaan meningkat. Perusahaan yang menghasilkan banyak uang akan dinilai lebih oleh investor, biasanya salah satu indikator yang digunakan adalah Price/Earning (P/E) ratio, sebagai standard untuk mengukur nilai pasar perusahaan,

Namun ada faktor intangibles yang juga menyebabkan peningkatan nilai pasar perusahaan. Sejarah General Electric (GE) sejak tahun 1980 hingga tahun 2000 mengalami peningkatan revenue sebanyak 5,09 kali dari $25,5 milyar ke $129,9 milyar. Mengalami peningkatan keuntungan sebanyak 8,47 kali dari $1,5 milyar menjadi $12,7 milyar. Namun nilai pasarnya meningkat amat tinggi hingga 34,1 kali lipat. Peningkatan yang amat tinggi pada nilai pasar perusahaan ini dipengaruhi oleh kemampuan Jack Welch sebagai CEO dalam memimpin. Jack Welch tidak hanya ahli dalam menumbuhkan pendapatan, mengurangi biaya dan menghasilkan keuntungan, Jack Welch mahir berkomunikasi dengan komunitas investor dan meningkatkan nilai pasar GE.

Ernst & Young, konsultan bisnis dan keuangan terkenal pernah melakukan wawancara kepada sejumlah investor untuk mengetahui bagaimana mereka menggunakan informasi non financial untuk menilai sebuah perusahaan. Paling tidak ada delapan ukuran yang digunakan investor dalam menilai perusahaan:

1. Execution of corporate strategy: adalah kemampuan manajemen dalam meningkatkan skill dan expertise, mendapatkan komitmen dari pegawai yang sejalan dengan visi pemegang saham.

2. Quality of strategy: strategi selalu melibatkan visi untuk masa depan, kemampuan membuat keputusan penting, dan mengalokasikan sumber daya

3. Ability to innovate: kemampuan menyesuaikan diri dengan teknologi informasi dan memiliki kekuatan dalam R&D.

4. Ability to attract talented people: merekrut, memberikan imbal jasa, mengembangkan, dan keep the best.

5. Market share: pangsa pasar sekarang dan masa akan datang

6. Quality of executives compensation, seorang eksekutif dibayar untuk mencapai tujuan stratejik.

7. Quality of major process: kemampuan mengelola operasional perusahaan dan kemampuan berubah.

8. Research leadership, kemampuan menciptakan, dan menggunakan pengetahuan.

Kedelapan ukuran ini merupakan ukuran yang intangibles dan semuanya ada di tangan pemimpin yang piawai membangunnya. Pemimpin perusahaan menjadi seperti selebritis, semakin ahli dalam memimpin dan semakin mahal imbalannya. Disinilah pentingnya kepemimpinan (leadership) yang menentukan nilai pasar sebuah perusahaan, bahkan lebih luas lagi nilai sebuah organisasi, hingga nilai sebuah negara.

Saya pernah bekerja di Coca-cola dan berdialog dengan Roberto C. Goizueta, CEO Coca-Cola yang menerima imbalan $80 juta dan seluruh pemegang saham tidak meragukannya karena kualitas kepemimpinannya. Sama seperti Jack Welch dan pemimpin perusahaan yang terkenal lainnya, Goizueta sanggup membuat kapitalisasi pasar berkali lipat nilainya, karena kemampuannya melihat, mengelola dan mengkomunikasikan nilai-nilai intangibles yang meyakinkan investor.

Fadjar Ari Dewanto/Editor in Chief VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting. Penulis Leadership

Leave a Reply

Your email address will not be published.