Ketika Grab Car, Go Car, Bluebird Bersaing Melayani Pelanggan

(Business Lounge Journal – Ideas) Sekarang ini layanan transportasi online seperti Grab Car, Go Car, lalu mulai diikuti Bluebird merebak di Indonesia. Untuk meningkatkan layanan mereka juga menggunakan offline service di beberapa pusat-pusat keramaian di mana masyarakat membutuhkan transportasi. Layanan ini sekaligus menjadi promosi untuk meningkatkan jumlah pelanggan moda transportasi masing-masing. Ada beberapa bentuk layanan dan promosi yang direkam oleh Business Lounge Journal untuk masyarakat.

Grand Indonesia mall yang terletak di pusat kota Jakarta menjadi tempat masyarakat ramai berkumpul dengan berbagai tujuan. Untuk melayani masyarakat di sana, Grab Car terlihat menggunakan beberapa titik layanan yang berada di dalam mall, dengan satu titik pick up point. Di Grand Indonesia Business Lounge Journal mengambil gambar beberapa titik yang menjadi tempat Grab Car melayani pelanggannya.

Signage dan Promosi Grab Car Di Grand Indonesia ( Foto: Fadjar AD/VMN)

Grab Car tidak menempatkan pick up point di semua lobby mall, namun fokus pada west mall lounge saja dan informasi ini disebar oleh Grab Car di berbagai titik, yang oleh Business Lounge Journal dicatat paling tidak ada tiga titik di mana Grab Car menaruh standing banner untuk memberikan informasi sekaligus menjadi promosi agar pelanggan menggunakan Grab Car sebagai transportasi.

Signage dan Promosi Grab Car Di Grand Indonesia ( Foto: Fadjar AD/VMN)

Grab Car menuliskan pesan di standing banner “Puas shopping pulangnya nggak pakai pusing” pesan Grab Car dari Grab Lounge West Mall GF. Strategi Grab Car memiliki kelebihan bagi pelanggan yaitu untuk mengingatkan pelanggan untuk pesan saja Grab Car dan silahkan ke Grab Lounge West Mall GF untuk lokasi penjemputannya atau pick-up point. Kekurangan strategi Grab Car yaitu tidak tersedia pick up point di semua lobi pintu mall.

Signage dan Promosi Grab Car Di Grand Indonesia ( Foto: Fadjar AD/VMN)

Berbeda dengan Grab Car, Go Car tidak melakukan promosi di dalam mall Grand Indonesia. Business Lounge Journal mencatat Go Car memilih untuk menempatkan signage yang elegan di setiap lobi pintu mall. Strategi ini memang menjadi pengingat bagi setiap pengunjung yang keluar masuk untuk kepastian layanan Go Car hadir di sana, tanpa pesan lain selain tanda bahwa ini adalah lokasi mengambil kendaraan Go Car dan sabar menunggu pelanggan.

Signage dan Promosi Go Car Di Grand Indonesia ( Foto: Fadjar AD/VMN)

Hal yang sama dilakukan oleh taksi Bluebird sebagai tempat pick up dan drop off dengan tambahan promosi bahwa bisa pesan Bluebird lewat applikasi. Tambahan pesan memang diperlukan Bluebird karena kebutuhan untuk meningkatkan pengguna Bluebird lewat applikasi yang tertinggal dengan transportasi lainnya. Business Lounge Journal mencoba bertanya kepada pengendara yang sedang menantikan pelanggan, bagaimana menggunakan applikasi, dan dilayani kurang ramah oleh pengendara.

Signage dan Promosi Bluebird Di Grand Indonesia ( Foto: Fadjar AD/VMN)

Mall memang salah satu pusat bagaimana menawarkan, mempromosikan barang dan jasa, Business Lounge Journal melihat bahwa Grab Car mengambil cara yang lebih tepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, pick up point dan drop off point menjadi tempat yang bisa dilakukan di mana saja oleh pelanggan pada bentuk layanan transportasi online. Namun memang bentuk layanan pick up point dan drop off point seperti dilakukan GoCar dan Bluebird bila ada akan lebih baik sebab mengandung legalisasi, kehadiran dan juga reminder untuk brand masing-masing. Selain itu perlu sekali disampaikan kepada para pengemudi mengenai standard layanan dasar agar melayani pelanggan dengan hati dan dilengkapi pengetahuan yang cukup.

Fadjar Ari Dewanto/VMN/BL/Partner of Business Advisory Services, Vibiz Consulting

Related Posts

2 Responses

  1. Bella

    Promosi transportasi online seperti Go Car, Grab Car, Blue Bird di mall dengan menggunakan offline services sangat bagus untuk menarik para pengunjung menggunakan transportasi online dari pada bawa mobil pribadi

    Reply
  2. Dina

    Promosi layanan transportasi offline di mall – mall seperti yang dilakukan Grab car dan Go car memang tepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, karena banyak pengunjung mall yang tidak membawa kendaraan pribadi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.