Inspiring: Budi Karya dan Pratikno – Think Out of The Box

(Business Lounge Journal – Inspiring)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memang terbiasa untuk berpikir ‘out of the box’. Hal ini juga ditanamkannya kepada Kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya. Menhub Budi Karya dan Mesesneg Pratikno adalah dua orang yang megungkapkan bagaimana mereka terbiasa dengan sesuatu yang tidak rutin dan monoton, namun selalu menemukan cara-cara baru, bahkan dari generasi muda yang ada di sekeliling mereka.

“Jangan berpikir rutin!” itu yang diucapkan Budi Karya. “Itu harus dilakukan karena banyak sekali stagnasi yang terjadi dengan format-format berpikir kita yang lama. Jadi kita memang harus punya inovasi baru,” demikian dilanjutkan Budi Karya. Mensesneg Pratikno juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi memang selalu memiliki pemikiran yang Out of The Box dan itu semua sangat menentukan kemajuan yang ada sekarang ini. “Ya, Pak Presiden selalu begitu. Pada akhirnya kemajuan ini tergantung kepada kita untuk menemukan cara yang lebih baik, cara yang lebih mudah, yang beliau sering sebuat smart shortcut. Oleh karena itu mentalitas yang tidak terjebak pada rutinitas itu jadi penting,” terang Pratikno.

Budi Karya mengungkapkan bahwa kerap kali para menteri pun melakukan hal yang sama, bahkan mendapatkan ide dari anak-anak muda. “Kemarin kami mendapatkan ide dari aplikasi tol laut. Kita melakukan dengan aplikasi, artinya kita tidak mungkin lagi dengan cara lama. Nah, kalau itu bisa dilakukan dengan aplikasi, kan bagus sekali. Orang dari Papua dapat membeli beras dengan langsung pesan, tanpa perantara yang menguasai dan itu bisa di-scale up. Semula hanya pesan satu atau dua karung, dan harus pesan lewat penguasa, sekarang bisa langsung berhubungan dengan pedagang. Kita siapkan aplikasinya saja,” Budi Karya memberikan penjelasan. Baginya itu merupakan salah satu cara yang dapat dicontohkannya. Pada dasarnya ia sangat setuju dan berpendapat bahwa saat ini berpikir Out of the box merupakan sebuah keharusan.

Mengisahkan tentang Presiden Jokowi, Pratikno mengungkapkan bagaimana latar belakang Presiden RI ke-7 ini memang orang yang tumbuh dari dunia kreatif, yang setiap saat selalu menumbuhkan produk-produk baru. “Kan dunia kreatif selalu begitu. Jadi oleh karena itu, sampai sekarang pun kultur itu selalu beliau dijalankan dan bukan hanya dijalankan, tetapi juga ingin ditanamkan ke teman-teman yang lain. Termasuk kita yang di istana. Untuk hal-hal yang sudah biasa dilakukan, maka dicari cara-cara yang baru. Dengan demikian, kita selalu berpikir, tidak terjebak dalam hal-hal yang rutin, dan berpikir untuk menemukan cara-cara yang baru,” ungkap Pratikno.

Budi Karya juga menambahkan bahwa sebenarnya di dunia ini banyak stimulasi apalagi dengan adanya start up yang adalah anak-anak muda yang beride. Lalu apakah yang Budi Karya lakukan? “Paling gampang adalah dengan melihat apa yang mereka lakukan. Kita coba rekam, kita coba pikirkan relevansinya dengan apa yang kita lakukan, apakah bisa dijalankan. Berpikir out of the box itu bisa dilakukan dengan melihat apa yang kreatif yang dilakukan di sekeliling kita selain kita tetap berpikir,” demikian Budi Karya mengakhiri perbincangan singkat dengen Business Lounge Journal.

Ruth Berliana/VMN/BLJ

Related Posts