Craig Dixon: Tiga Langkah Startup untuk Tetap Bertahan

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Craig Dixon, adalah salah satu nara sumber di Tech in Asia 2019. Dalam perbincangan singkat dengan Business Lounge Journal ia menyampaikan bagaimana Accelerating Asia yang ia dirikan memiliki 3 lini bisnis:

  1. Sebagai accelerator yang mengakselerasi startup yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan persiapan.
  2. Sebagai venture capital fund yang mengumpulkan dana dari para investor yang kemudian digunakan untuk mendanai para startup yang mengikuti akselerasi.
  3. Menjadi partner bagi pemerintah, perguruan tinggi, dan perusahaan yang menjalankan startup engagement program.

Accelerating Asia sedang menaruh fokus di Asia Tenggara sebagai wilayah yang dinilai berkembang paling cepat di dunia saat ini. “Kami telah melihat pertambahan jumlah unicorn secara dramatis pada beberapa tahun terakhir ini,” demikian dikatakan Dixon. “Dan jumlah itu tampaknya akan meningkat secara dramatis selama beberapa tahun mendatang,” demikian dilanjutkannya.

Dixon juga menambahkan bahwa Google and Temasek terus melaporkan bahwa jutaan dollar telah mengalir ke Asia Tenggara dari seluruh dunia dan ii adalah waktu yang sangat tepat untuk berada ekosistem startup Asia Tenggara.

Ada 3 langkah untuk startup dapat tetap bertahan:

  1. Jangan menghabiskan uang Anda dengan sangat cepat.
  2. Sangat selektif dalam memilih tempat Anda menghabiskan sumber daya Anda.
  3. Menjadi sangat stratejik untuk memajukan perusahaan Anda.

Pada kenyataannya, kadang-kadang adalah tidak baik untuk mengejar mengumpulkan banyak uang sejak awal. Sebab ketika Anda memulai dengan mengejar banyak memperoleh keuntungan, maka Anda akan menjadi gagal fokus. Dixon beranggapan bahwa hal yang paling sulit bagi startup untuk melakukan yang paling penting adalah memiliki hal yang sangat besar untuk dilakukan pada esok hari sementara hari ini mereka akan sangat ketat dan disiplin dengan aktivitas yang dilakukannya untuk membangun bisnis mereka minggu demi minggu dan bulan demi bulan.


Ruth Berliana/VMN/BLJ