Good to Go Membidik Kaum Urban Muda

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Kaum Urban Muda memang menjadi rebutan bagi pasar dan industri. Usia yang sangat emas yang menunjukkan aktivitas dan produktivitas yang tinggi. Hampir semua industri meliriknya, termasuk Indomilk yang pada Rabu, 30 Januari mengadakan grand launching produk terbarunya: Good to Go. Mari kita intip beberapa hal menarik yang dapat kita pelajari dari grand launching yang berlangsung di Central Park Mall.

Visi Produk

Suatu produk yang baik haruslah muncul dengan visi yang akan mewarnai produk tersebut “end to end”. Visi produk akan  menyelaraskan target dan kegiatan pemasaran berjalan searah.

Jonathan Setiawan sebagai Senior Brand Manager PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Dairy, mengatakan produk susu multisereal  yang dinamakan “Good to Go” ini  menjadi yang pertama di Indonesia dan merupakan produk yang memang ditujukan untuk menjadi solusi bagi orang yang berenergi tinggi .

Produk yang berisi multisereal ini memang diklaim berserat tinggi dan memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Oat
  • Wheat Brown Rice
  • Malt
  • Beras Merah
  • Buah-buahan (Pilihan rasa avocado-coklat, pisang-strawberry)
  • Susu rendah lemak
  • Vit B1, B2, B3, B5, B6, B12
  • Asam Folat, Biotin, Kolin, Inositol dan lainnya

Serat yang tinggi dari 4 jenis serat ini diharapkan mampu memberikan rasa kenyang, memberikan kebutuhan karbohidrat, protein, lemak,  vitamin dan mineral, tentu sesuai dengan visinya untuk menjadi solusi bagi mereka yang berenergi tinggi.

Segment Market

Saat produk diluncurkan ke pasar maka pastilah sudah melewati serangkaian survei pasar sehingga produk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar dan berhasil.  Target market tertentu pun dibidik sesuai dengan spesifikasi produk dan hasil survei tentunya.

Susu multisereal ini memiliki segment market:  Kaum Urban Muda

Kepala Divisi Dairy PT. Indofood CBP Sukses Makmur Axton Salim menyatakan minuman ini menyasar kelompok urban muda yaitu yang berada pada  usia 20-35 tahun yang dalam aktivitasnya bisa menghabiskan waktu pagi hingga malam  dan senang dengan sesuatu yang praktis.  Dari sisi harga, minuman yang dibandrol seharga Rp. 6500 ini menjadi minuman yang terjangkau.

Brand Awareness dan Distribusi Nasional

Suatu produk baru sangat membutuhkan strategi membangun brand awareness yang baik sampai akhirnya produk dapat dikenal masyarakat luas.  Saat sudah diperkenalkan kepada masyarakat maka hal yang perlu dipikirkan juga adalah jalur distribusinya sehingga mudah dijangkau masyarakat

Good to Go diperkenalkan pada publik pada bulan Agustus pada saat Asian Games 2018, disinilah dimulai marketing road map produknya untuk pertama kali. Setelah itu maka untuk membangun brand awareness, strategi yang dilakukan adalah:

  • Membuat event perkenalan produk ke masyarakat
  • Menggunakan brand ambassador yang mewakili kelompok Urban Muda dimana mereka memilih atlet bulutangkis Jonathan Christie (Jojo) dan Anthony Sinisuka Ginting yang sangat difavoritkan kaum muda saat Asian Games 2018
  • Promosi melalui media sosial
  • Promosi/iklan melalui televisi, surat kabar maupun media online
  • Kerjasama dengan retail baik minimarket maupun hypermarket di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk membuat produk mudah dibeli oleh masyarakat.

Good Timing

Waktu yang tepat untuk melakukan grand launching produk ke pasar juga berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran.  PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Dairy justru memilih enam bulan setelah susu multisereal ini diperkenalkan di Asian Games 2018 untuk dengan resmi me-launching produknya.  Masa enam bulan setelah Asian Games digunakan untuk melihat respons konsumen terhadap produk sebelum pada akhirnya diyakini bahwa ini produk yang disukai banyak orang dan dipilih waktu yang tepat  untuk meningkatkan awareness produk pada masyarakat luas. Awal tahun  dianggap menjadi waktu yang baik untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Timing merupakan sesuatu yang penting, terlambat atau terlalu cepat juga dapat mempengaruhi kesuksesan produk.

Berniat membidik kaum Urban Muda juga? Siapkan produk Anda sebaik-baiknya dan semoga sukses!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting Group.