Second Generation Series: Freshly Roasted Business Plan

(Business Lounge Journal – Interview Session)

Generasi kedua dari seorang entrepreneur pabrik jeans, Aldo Subsada adalah generasi penerus dari perusahaan orang tuanya. Merek celana jeans ‘Dust’ mungkin hanya merupakan satu dari sekian banyak merek jeans lokal maupun internasional yang menjamur di Indonesia, namun dengan jumlah 250 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, brand ini jelas bukanlah pemain baru di dunianya.

Sepulang dari kuliah di Inggris dan di tengah-tengah melanjutkan bisnis orang tuanya ini, Aldo malahan melirik bisnis lain yang awalnya cuma sekedar hobi yang ia dapatkan sewaktu berkuliah: Specialty Coffee. Bagaimana Aldo mengembangkan bisnis barunya ini sambil melanjutkan bisnis yang kini dipercayakan kepadanya oleh orang tuanya? Apa kiatnya untuk melakukan dua bisnis sekaligus yang sangat berbeda sampai berhasil menaikkan skala bisnis specialty coffee-nya sampai ke tingkat PT? Bagaimana ia meyakinkan orang tuanya untuk setuju?

Michael Judah Sumbayak adalah pengajar di Vibiz LearningCenter (VbLC) untuk entrepreneurship dan branding. Seorang penggemar jas dan kopi hitam. Follow instagram nya di @michaeljudahsumbek

Related Posts