(Business Lounge Journal – General Management)

Jika Anda bekerja sebagai karyawan di perusahan, apapun jabatan Anda, tentunya harus mematuhi peraturan perusahaan yang berlaku. Dan, tentunya bukan hanya itu saja, ada lagi yang harus Anda perhatikan selama bekerja di perusahaan, yaitu karakter.

Ya, karakter Anda ketika bekerja memang harus Anda perhatikan dengan serius. Setinggi apapun kemampuan Anda bekerja di perusahaan, atau sehebat apapun ide Anda, tapi kalau Anda memiliki karakter yang buruk, cepat atau lambat pasti akan ada waktunya untuk tersingkir.

Tentunya, ada beberapa karakter yang dikategorikan “buruk”, baik Anda sebagai pemimpin perusahaan, maupun karyawan. Karakter buruk tersebut, bahkan bisa saja kelihatannya tak buruk. Tapi, Anda harus tahu, jika Anda memiliki beberapa karakter “buruk” yang dimaksud, maka itu akan berpengaruh terhadap karir Anda di perusahaan.

Nah pertanyaannya kini, karakter “buruk” apa sajakah yang dimaksud?

Suka Menghindari Resiko

Kelihatannya hal ini baik, padahal tidak sama sekali. Orang yang suka menghindari masalah, sebenarnya suka menyalahkan orang lain kalau ada kesalahan, dan cenderung untuk hal apapun tak mau disalahkan. Tepatnya, tak mau bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.

Nah, jika Anda bekerja, jangan takut terhadap resiko. Anggaplah itu sebagai tantangan dalam hidup Anda. Kalau Anda berhasil, tentunya akan banyak pembelajaran baru dalam hidup Anda. Dan, hal itu juga baik untuk pembentukan karakter Anda.

Suka bersuara dengan nada “melawan” dalam meeting

Mungkin Anda tak bermaksud melawan atasan Anda ketika meeting. Namun, ada kalanya Anda jangan terlalu cuek sampai tidak memperhatikan intonasi nada suara Anda ketika berbicara dengan atasan Anda ketika meeting. Asal Anda tahu, kalau suara Anda terlalu keras, terkesan ngotot, dan suka menyelak pembicaraan dalam meeting, berhati-hatilah, karena Anda bisa disangka suka melawan.

Memiliki komunikasi yang buruk dengan karyawan lain di perusahaan

Seperti yang kita tahu, bahwa tahun 2019, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan. Hal itu bukan hanya untuk mengajar maupun ketika bertemu klien, tetapi juga untuk hubungan Anda di kantor dengan atasan maupun karyawan lainnya.

Anda harus tahu, jika Anda dicap terlalu cuek, jutek, suka membantah, dan payah dalam berbicara dengan orang lain, lambat laun karir Anda akan dibalap oleh orang lain yang lebih pandai berkomunikasi dengan orang lainnya.

Keras kepala dan sulit menerima masukan

Nah, keras kepala ini nih yang akan bikin Anda sulit berkembang. Kalau Anda keras kepala dan keukeuh dengan pendirian Anda sendiri, dan sulit menerima masukan orang lain, pasti ujungnya atasan Anda akan berkurang respeknya terhadap Anda.

Orang yang keras kepala dan sulit terima masukan, cenderung malas belajar, dan cenderung sulit untuk mau mencoba hal baru. Kalaupun mau, biasanya dia tetap mau dengan gayanya sendiri saja.

Ujungnya? Atasan Anda dan karyawan lain di tempat Anda bekerja, bisa berkurang respeknya terhadap Anda. Lambat laun, atasan Anda pun akan mencoba untuk mulai mencari karyawan baru untuk menggantikan posisi Anda.

Malas berkembang dan belajar

Kemajuan teknologi, tentunya juga semakin maju saat ini. Dan juga, hal itu pasti berefek ke sistem yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja. Hal itu, tentu saja mendorong Anda untuk terus belajar, belajar, dan belajar. Kalau Anda hanya terus menerus berkutat di cara lama tanpa mau tekun belajar serta mencari ide baru, pastinya Anda akan ketinggalan.

Dan, asal Anda tahu, orang yang malas belajar, ujung-ujungnya pasti akan kalah dengan orang yang tekun berinovasi dan mempelajari hal baru terus-menerus.

Muka mutung

Kalau Anda terkenal dengan muka mutung atau cemberut, lebih baik cepat-cepat Anda berubah deh, sebelum terlambat. Anda harus paham banget, masalah muka mutung ini kelihatannya kecil, tapi sangat tak disukai oleh atasan. Dan, muka mutung Anda, bisa membuat orang lain yang dekat Anda pun jadi berkurang semangat kerjanya.

Jangan sampai kan, karena muka mutung Anda, maka karir Anda sulit menanjak? Jadi, jangan sampai deh Anda sering bermuka mutung di kantor, apalagi di depan atasan Anda.

  Zefanya Jodie Sumbayak, MBA/Editor In Chief vibizmedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.