(Business Lounge Journal – Marketing and Service) Ada 3 hal yang sudah kita bahas bagaimana dapat mengelola data dengan benar. (Baca: Mengelola Data dengan Benar, Tingkatkan Hasil Penjualan). Sekarang cobalah untuk mulai menjalin sebuah hubungan dengan mereka yang ada pada database Anda. Saya tahu bahwa hal ini tidak mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda memiliki banyak nama pada database Anda. Namun ketahuilah bahwa hal ini mungkin untuk dilakukan.

Mulailah dari Leads Data Anda

Mulai saja melakukan identifikasi dan gunakan kemampuan analisa Anda untuk memilih leads data atau mana saja yang memiliki performance yang baik untuk lebih dahulu Anda kenali. Jika memungkinkan bukalah sebuah komunikasi dan mintakan sedikit feedback. Mungkin Anda pernah membuka sebuah website yang kemudian memintakan feedback Anda. Bahkan jika Anda menelepon dengan menggunakan WA call, beberapa kali Anda akan dimintai penilaian mengenai kualitas suaranya.

Jangan Pandang dengan Sebelah Mata

Setiap data yang Anda miliki memiliki persentase keberhasilan. Seberapa pun kecilnya persentase tersebut hendaknya tidak membuat Anda memandang sebelah mata pada data-data tersebut. Anda dapat melakukan berbagai kampanye untuk setiap nama dan pupuklah harapan bahwa pada suatu hari Anda akan menuai keberhasilan. Anggaplah bahwa setiap data yang Anda miliki mempunyai peluang untuk membuka sebuah keberhasilan. Kecuali data yang Anda miliki bukanlah data yang valid.

Lakukan Personalisasi

Hal ini memang bukanlah sebuah hal yang mudah, namun jika Anda berhasil untuk melakukannya maka Anda akan mendapatkan sebuah keberhasilan. Cobalah untuk mengklasifikasin data-data yang Anda miliki berdasarkan beberapa pemisahan yang unik. Tidak hanya sekedar berdasarkan agama sehingga Anda dapat menyapa mereka pada setiap hari raya, namun juga berdasarkan hal-hal yang sederhana seperti usia, kota asal, latar pendidikan, atau hobi sebagai sebuah data yang menarik.

Setelah Anda melakukan personalisasi maka kemudian Anda akan dapat menghubungi mereka yang ada pada database tersebut berdasarkan personalisasi yang telah Anda buat. Hal ini biasanya akan lebih efektif sebab Anda seakan dapat menembak tepat pada sasaran.

Data ada di Sekitar Kita

Hal ini tidak dapat Anda pungkiri bahwa data ada di sekitar Anda. Jika Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki database yang cukup dan seolah-olah tidak ada sumber lagi untuk menambahkan data Anda, Anda keliru. Tidak ada hari tanpa data baru. Anda dapat memperoleh sebanyak-banyaknya data melalui internet. Itulah kehebatan internet, bahwa Anda akan dapat memiliki kesempatan untuk mengumpulkan data. Hanya Anda perlu menyimak kembali supaya data yang Anda peroleh mempunyai tingkat validitas yang cukup baik.

Selamat mengumpulkan dan mengelola data Anda dan jelang peningkatan hasil penjualan.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.