(Business Lounge Journal – Marketing and Service) Menggunakan influencer sebagai upaya meningkatkan popularitas Anda dapat saja menjadi alternatif strategi yang dapat Anda lakukan. Hal ini banyak dilakukan oleh brand ternama untuk mendongkrak popularitas mereka. Salahkah? Tidak! Sahkah? Tentu saja.

Seperti bila Anda ingin melakukan skydive untuk pertama kalinya, maka Anda membutuhkan intruktur yang dapat terjun bersama-sama dengan Anda. Sangat mustahil untuk melakukannya seorang diri pada kesempatan yang pertama. Bahkan membutuhkan lisensi untuk kelak Anda dapat melakukannya seorang diri.

Bekerja dengan influencer bagaikan melakukan skydive bersama dengan seorang instruktur. Bukan Anda yang melakukannya, namun Anda dapat mengamati dan mempelajarinya dari dekat hingga Anda mengerti apa yang harus Anda lakukan. Bekerja dengan influencer akan memudahkan Anda untuk belajar bahkan mendapatkan akses kepada audiens mereka, dan strategi pemasaran mereka. Ini tentu saja hal yang mahal yang tidak dapat Anda peroleh dengan mudah.

Hanya penting untuk memiliki rasa ingin tahu dan mempelajari sehingga Anda pun bertambah dalam strategi pemasaran Anda. Bagi beberapa brand, mereka hanya menyewa influencer dan kemudian tutup mata, tidak mau tahu apa yang dilakukan si influencer yang penting target market mereka tercapai. Ini sebuah kesalahan. Walaupun Anda dapat melakukan hal yang sama, namun putuskanlah untuk mendapatkan kesempatan belajar dengan cerdas.

Beberapa keuntungan menggunakan influencer

  1. Menggunakan influencer sama dengan memanfaatkan apa yang telah influencer capai, jangkauannya, wewenang, serta nama besarnya.
  2. Meningkatkan pengaruh sosial.
  3. Audiens yang lebih besar.
  4. Mendapatkan klien baru dengan cara yang lebih efektif dan cepat.
  5. Back-links, relationship, dan peluang bisnis.

Selain itu ada beberapa hal yang diketahui mengenai Influencer Marketing:

  1. Hanya sekitar 3% dari masyarakat dapat membuat 90% dampak penjualan hanya melalui dunia maya, demikian menurut Traackr, sebuah lembaga yang berkecimpung dalam Influencer Marketing.
  2. Influencer Marketing dapat mengembalikan investasi rata-rata hingga 650%. Sebuah angka yang mengejutkan. Demikian menurut SproutSocial.com.
  3. Sejumlah 50% pemasar menggunakan beberapa bentuk influencer marketing pada kampanye mereka untuk mengumpulkan lead dan meningkatkan penjualan.
  4. Sejumlah 59% dari pemasar berencana untuk meningkatkan anggaran influencer marketing mereka.

Fastest-growing-online-customer-acquisition-method-influencer-marketing (your escape from 9to5)

Dari data di atas maka dapat dikatakan influencer marketing menduduki peringkat pertama dalam mendapatkan klien secara online.

Sekarang apa yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan si influencer tanpa berbicara masalah bayaran? Carilah kesempatan untuk dapat dikenal dan diingat, misalnya:

  1. Jika konten si influence baik adanya, maka lakukanlah backlink dalam berbagai posting yang Anda miliki. Jangan hanya satu kali, melainkan dapat Anda lakukan berkali-kali selama konteks yang Anda usung berkaitan. Buatlah link yang natural dan relevan.
  2. Perkenalkan diri Anda dengan Percaya Diri (PD) pada si influencer. Misalnya Anda dapat membuat komentar atas posting-an yang dibuatnya dan katakanlah bahwa itu telah menginspirasi ANda.
  3. Lakukan sebuah case study teknik maka yang berhasil, mana yang tidak.
  4. Anda dapat meng-quote si influencer bahkan menyapa mereka dan lihatlah bilamana mereka memberikan respon. Jika tidak mendapatkan respons, jangan menjadikecil hati. Itu sudah biasa. Tambahkan saja daftar influencer Anda.
  5. Tambahkan komentar yang cerdas pada posting-an mereka. Jika Anda beruntung maka Anda dapat mulai membangun hubungan dengan mereka.
  6. Tawarkan hal yang menarik bagi si influencer, misalnya saja foto atau infografis. Jika ia berkenan maka bertambah muluslah hubungan Anda.

Namun penting untuk menyadari bahwa ini bukanlah sebuah teknik untuk meningkatkan penjualan semata-mata namun lebih kepada meningkatkan popularitas melalui mereka.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Picture: Business Lounge Journal

 Artikel terkait:

Tips Menemukan Influencer di Media Sosial
Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.