Memiliki Career Path pada Dunia SDM Perlu Anda Pertimbangkan

(Business Lounge Journal – Human Resources) Mid year review baru saja selesai, bagaimana performance Anda? Apakah bagi Anda penting untuk memiliki rencana untuk masa depan Anda? Atau Anda termasuk yang memiliki filosofi “mengalir seperti air mengalir”? Penting untuk Anda pahami bahwa saat ini generasi yang Anda hadapi bukan lagi generasi yang berjalan begitu saja tanpa adanya tujuan hendak pergi ke mana. Jika mereka tidak merasa sesuatu yang menantang dalam karir mereka maka tidak akan segan-segan mereka akan pindah mencari jalur yang  lebih menarik. Jadi, jika Anda belum memiliki rencana untuk masa depan Anda, maka penting untuk segera merancangnya, apa yang ingin Anda raih dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Career path adalah salah satu yang perlu Anda pikirkan. Bukan hanya masalah naik ke level yang lebih tinggi, tetapi juga bidang apa yang akan Anda tekuni. Bagaimana memulainya? Hal pertama yang pada umumnya dibuat oleh banyak orang adalah membuat daftar apa yang Anda inginkan dalam karir Anda di kemudian hari. Misalnya, Anda menginginkan suatu profesi yang dapat menolong banyak orang, suatu profesi yang dapat membawa Anda berkeliling dunia, dunia kerja yang sangat dekat dengan kecanggihan teknologi, atau pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel. Cobalah mendaftarkan pekerjaan yang seperti apa yang Anda inginkan.

Namun tidak hanya apa yang Anda inginkan, tetapi juga apa yang Anda tidak inginkan. Penting bagi Anda untuk mengidentifikasinya. Misalnya ada pada daftar yang tidak Anda inginkan seperti pekerjaan dengan high pressuretight deadlines, overtime,atau Anda tidak menginginkan bekerja di belakang meja.

Kali ini saya ingin membahas berkarir di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Beberapa orang tidak menyukainya sebab selalu identik dengan mengurusi permasalahan orang lain. Padahal tidak selalu demikian. Michigan State University pernah menuliskan bagaimana profesi dalam bidang SDM selalu berada pada peringkat yang tinggi dalam daftar karir terbaik berdasarkan job growth, earnings potential, creativity, flexibility, dan berbagai faktor lainnya. Hal ini tidak hanya berbicara tentang pekerjaan rekrutmen tetapi juga pekerjaan SDM tiap-tiap hari hingga masalah compensation & benefit.

Kini keberhasilan sebuah bisnis bergantung pada pengelolaan yang cermat dari berbagai sumber daya termasuk SDM. Sehingga adalah sangat besar kontribusi mereka yang memiliki profesi pada bidang SDM mulai dari melakukan rekrutmen, pelatihan, perencanaan, pengembangan, berbagai strategi SDM, hingga bagaimana memberikan kompensasi yang sesuai. Itulah sebabnya dalam setiap strategi bisnis, maka pihak SDM akan selalu dilibatkan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memutuskan berkarir pada bidang SDM:

  1. Mereka yang bekerja pada bidang SDM akan berkaitan dengan berbagai jenis profesi dalam setiap tahapan karir mereka.
  2. Tidak akan membosankan sebab tidak ada hari yang sama pada setiap harinya oleh karena Anda akan selalu berkaitan dengan banyak orang yang memiliki berbagai kasus dan permasalahan.
  3. Anda akan mendapatkan banyak tantangan sebab SDM memiliki ilmu yang terus berkembang dan membutuhkan seni tersendiri. Selalu ada strategi baru, teknologi, dan keterampilan untuk belajar dan berimprovisasi.
  4. SDM akan selalu diikutsertakan dalam perencanaan perusahaan jangka panjang dan pemikirannya akan selalu  menjadi pertimbangan.
  5. Ilmu mengenai SDM akan selalu diperlukan dan tidak bergantung pada berapa besar perusahaan Anda dan berapa banyak pegawai yang Anda miliki. Ilmu SDM Anda akan dipakai pada bidang apa saja.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group