(Business Lounge Journal – General Management) Terkadang banyak pelaku usaha mencari dan mempelajari berbagai teori untuk menjalankan bisnisnya guna mendapatkan keberhasilan. Ujung-ujungnya tentu saja profit yang diperolehnya dapat terus bertambah. Namun ketahuilah bahwa keberhasilan bisnis Anda belum tentu bergantung pada kecanggihan teori yang Anda pelajari, walaupun itu bisa saja terjadi. Namun tidak ada salahnya jika Anda melihat kembali berbagai teori bisnis sederhana yang sudah ada sejak dulu kala yang dikatakan sebagai sebuah hukum alam.

Successful business is ordinary, normal business. Bahwa kesuksesan sebuah bisnis adalah suatu hal yang biasa. Dalam arti kata, bahwa semua bisnis dapat berjalan dalam kesuksesan, sehingga bila ada bisnis yang tidak sukses berarti telah terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan sebagaimana pada umumnya.

Selling at a price that allows a fair margin or profit. Bagaimana dapat memperoleh keuntungan? Tentukan saja harga dengan margin yang masuk akal. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Anda, yaitu dengan menyeimbangkan antara ongkos produksi dan kapasitas pelanggan untuk dapat membayar. Hal yang sederhana bukan? Namun tetap saja banyak orang melakukan kesalahan dalam menentukan margin. Penting untuk tidak hanya melihat ongkos produksi namun juga kemampuan membeli dari konsumen Anda. Menjual dengan harga di bawah harga pasar dapat saja menjadi sebuah strategi. Namun di sisi lain ada juga mereka yang beranggapan dengan menjual pada harga tinggi dapat mempercepat peraihan keuntungan, hal ini belum tentu menjadi strategi yang baik. Terpenting adalah dapat membuat perhitungan yang cermat dengan tetap memperhatikan hukum universal yang sederhana.

Collecting payment on time. Hal ini cukup sederhana bagaimana pembayaran diupayakan untuk dapat tepat pada waktunya. Hal ini akan sangat menolong Anda untuk dapat memiliki financial cash flow yang sehat.

Put up an umbrella when it rains. Sudah tentu Anda akan mengembangkan payung saat hujan turun. Ini merupakan sesuatu yang alami dan sudah seharusnya terjadi demikian. Adalah kejanggalan apabila Anda tidak menggunakan payung saat hujan turun dan membiarkan diri Anda basah kuyup. Lakukan hal yang memang demikian seharusnya akan membantu Anda menjalankan bisnis Anda. Menentapkan harga yang dapat memberikan keuntungan bagi Anda, memastikan bagaimana hasil penjualan dapat benar-benar terkumpul. Ketika produk yang Anda hasilkan tidak mendongkrak penjualan, maka telitilah harga dan kualitas produk yang Anda miliki.

The public is right. Hal yang paling aman dalam mengambil keputusan adalah untuk tidak mengabaikan opini publik. Walaupun jika kita melihat ke belakang bisa saja suara mayoritas tidak selalu benar, namun bagaimana pun opini publik telah sering kali menjadi penentu keputusan banyak pihak dan sering kali terbukti sebagai keputusan yang terbaik. Matsushita Konosuke, pendiri Panasonic, pernah berpendapat “as has been wisely observed, you can fool all of the people some of the time, and some of the people all of the time, but not all of the people all of the time.” Bahwa Anda dapat saja mengelabui semua orang dalam suatu waktu atau mengelabui beberapa orang sepanjang waktu, tetapi Anda tidak akan dapat mengelabui semua orang untuk seluruh waktu.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.