This Is Happiness ! By Kalvin Biswan

(Business Lounge Journal – Culture) – This is happiness! Inilah kebahagiaan! Ya, itulah ekspresi yang tercermin dari foto-foto dari Kalvin Biswan. Ekspresi dan gerakan yang ditampilkan dalam berbagai fotonya, memang menceritakan, bahwa kebahagiaan sesungguhnya sederhana, dan bukan hanya dinilai dari materi semata.

Happiness3

Seorang anak yang melompat dengan lincah dan semangatnya, mengekspresikan akan kegembiraannya. Tak perlu materi mewah, karena keberadaannya di tengah alam, sudah sanggup membuatnya gembira.

Happiness2

Pemandangan seperti ini, mungkin tak banyak ditemukan. Tetapi pemandangan seperti ini sungguh indah. Sambil menaiki kerbaunya, ia memainkan seruling. Ah, betapa senangnya!

Happiness4

Tendangannya cukup memukau, dan tanpa alas kaki, ia tetap semangat memainkan bola dengan kawannya. Mereka seolah memperlihatkan kepada kita, memiliki sahabat yang baik itu indah, yang tidak memandang materi atau kekayaan, tetapi yang selalu siap berada di sisi kita setiap saat.

Happiness1

Dengan seragam sekolahnya, mereka menapaki setiap rerumputan, di bawah pohon bambu yang tinggi nan indah. Wajah mereka tersenyum, dan langkah mereka pasti. Mereka tak bersaing soal kemewahan tas sekolah, sepatu, atau lainnya. Tetapi mereka bahagia dengan apa yang mereka miliki.

Ya, inilah kebahagiaan! Semua gambar itu menceritakan, kebahagiaan bukanlah karena mengejar harta atau mengejar kemewahan. Lihatlah anak-anak itu, di tengah alam dan jauh dari kemewahan, tetapi ekspresi mereka tak pernah memperlihatkan kesedihan. Memang, bahagia bukan ketika harta kita itu banyak, tetapi ketika mau untuk tetap tersenyum dan menjalani hidup dengan baik.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Contributor : Mr. Kalvin Biswan
Editor : Fanya Jodie