Siapa yang Dapat Mengatakan Mereka Gagal?

(Business Lounge Journal – News and Insight) Berbicara tentang kegagalan maka sudah dapat dipastikan bagaimana hal ini pernah menghampiri tokoh-tokoh pebisnis yang pernah berjaya di dunia. Namun bagaimana mereka menghadapi sebuah kegagalan adalah hal yang perlu digarisbawahi sebab itulah yang membedakan mereka dan membawa mereka pada sebuah keberhasilan. Seperti kata pepatah bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda maka memang demikianlah sesungguhnya. Hal yang dituju adalah keberhasilan, namun dalam perjalanan untuk mencapainya terkadang ditemukan hambatan. Lalu bagaimana Anda memperlakukan hambatan tersebut sangatlah penting. Bila Anda berpendapat bahwa hambatan yang Anda hadapi bukanlah akhir dari segalanya, maka Anda akan terus maju. Tetapi sebaliknya, bila Anda merasa bahwa hambatan yang Anda hadapi tidak akan pernah dapat Anda lalui, maka bersiaplah untuk mengatakan selamat tinggal pada keberhasilan, dengan kata lain “tamatlah karir Anda”. Ini sangat menyedihkan, tetapi ini sebuah pilihan.

Belajar dari Kegagalan

Fail - onlinembatodayKetika Anda menemui hambatan untuk terus maju, maka penting untuk berhenti sejenak dan mempelajari situasi yang Anda hadapi lalu temukanlah titik terang dari permasalahan yang ada. Sebesar-besarnya hambatan yang Anda temui, pasti masih terdapat celah di sana yang dapat Anda pelajari sehingga Anda dapat tetap bergerak maju.

Forbes pernah menggambarkan bahwa 90% dari para startup bisnis mengalami kegagalan. Sejumlah 42% dari para startup yang gagal tersebut mengalami kegagalan untuk menemukan market bagi produknya.

Beberapa Kegagalan Orang-orang Terkenal

Beberapa orang sukses juga pernah mengalami kegagalan seperti Steve Jobs, Bill Gates, Michael Jordan, Albert Einstein, dan Abraham Lincoln. Namun melihat keberhasilan yang mereka capai kemudian, apakah Anda akan mempermasalahkan kegagalan yang pernah mereka alami?

Steve Jobs yang pernah diberhentikan dari Apple sebelumnya namun hal itu membawanya pada keberhasilan di kemudian hari, apakah permasalahan di masa lalu menjadi sebuah permasalahan besar? Atau Bill Gates yang drop out dari Harvard University namun berhasil membangun Microsoft, apakah Anda menjadi memandang rendah ia karena dikeluarkan dari perguruan tinggi terkemuka tersebut?Without Fail 6 - onlinembatoday

Mengubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

Tidak ada satu pun yang dapat memungkiri saat ia menghadapi sebuah kegagalan, namun percayalah bahwa Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah keberhasilan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

Without Fail 5 - onlinembatodaycitra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : onlinembatoday