Memperlakukan Karyawan Sebagai Pelanggan Istimewa, Perlukah?

(Business Lounge Journal – Lead and Follow) Karyawan adalah sumber daya yang paling berharga, hal ini tidak dapat lagi dipungkiri. Sayangnya, kebanyakan pemimpin perusahaan memiliki tujuan pertama pertama untuk menyenangkan para investor mereka. Tujuan kedua, mereka menginginkan pelanggan mereka berbahagia. Setelah itu yang ketiga barulah  mereka memikirkan apa yang dibutuhkan karyawan. Pendekatan ini akan menjadi  kurang efektif dengan adanya persaingan yang semakin tinggi dalam bisnis, sebab cepat atau lambat perusahaan akan mulai kehilangan tenaga kerja terbaiknya.

Perusahaan harus memastikan untuk memperlakukan karyawannya dengan cara yang sama dengan memperlakukan pelanggan terbaik mereka. Filsafat ini sederhana namun kuat dan dapat diterapkan dalam perusahaan apapun. Filsafat ini mengarah pada penjualan yang lebih tinggi, pendapatan yang lebih besar, dan profitabilitas yang lebih tinggi.

Anda tidak akan memperlakukan karyawan dengan buruk.
Perusahaan sangat berterima kasih atas usaha yang mereka dapatkan dari klien karena perusahaan tahu bahwa pendapatan itu diperlukan untuk membuat perusahaan tetap bertahan. Memberikan perhatian dan apresiasi pada karyawan sangat penting,  karena tanpa komitmen mereka untuk selalu produktif bagi klien, perusahaan tidak akan bertahan dalam bisnis, atau setidaknya tidak akan berhasil seperti sekarang ini.

Anda akan memiliki wawasan yang lebih baik.
Perusahaan sering terfokus dengan klien, terutama klien besar, dan hal yang sama seharusnya berlaku bagi staf dan level yang lebih tinggi. Penting untuk Anda dapat sering berkomunikasi dengan menanyakan karyawan bagaimana perasaan mereka tentang peran mereka dan juga tentang perusahaan. Ini juga merupakan tindakan pencegahan yang efektif apabila terdapat masalah yang terkait dengan karyawan dalam organisasi, sehingga dapat segera ditangani dengan baik sebelum  karyawan tersebut memutuskan berhenti atau meninggalkan perusahaan.

Anda akan melayani pelanggan Anda dengan lebih baik.
Menempatkan fokus untuk menjaga karyawan bahagia dan puas adalah penting karena kepuasan pelanggan dimulai dari mereka. Ketika karyawan melayani pelanggan mereka, jika mereka tidak puas, maka pelanggan akan mendengar ketidakpuasan suaranya melalui telepon dan melihat ekpresinya juga ketika mereka bertemu. Staff yang tidak puas akan menyebabkan produktivitas dan penjualan menurun.

Anda akan mendapatkan kepercayaan mereka
Sama seperti Anda perlu membuktikan etos kerja Anda untuk klien dan akhirnya mendapatkan kepercayaan mereka, hal yang sama berlaku juga untuk karyawan. Anda harus menunjukkan komitmen Anda untuk membantu mereka mengembangkan dan mendapatkan kepercayaan mereka sebelum mereka menginvestasikan jam-jam mereka dalam membantu perusahaan bertumbuh. Ketika mereka percaya manajer mereka dan tim management perusahaan, staf akan menghasilkan lebih banyak, dan ingin belajar dan menjadi lebih baik.

Jika perusahaan Anda startup, Anda perlu karyawan untuk bertaruh pada Anda sama seperti yang dilakukan investor.
Anda harus meyakinkan karyawan Anda  bahwa bisnis Anda akan mengalahkan para pesaing lainnya dan bertahan. Seseorang ingin merasa bahwa mereka telah bergabung dengan perusahaan yang akan terus bertahan. Tanpa kepercayaan dan perhatian yang ditujukan pada kesejahteraan mereka, karyawan akan tergoda untuk meninggalkan setiap kali posisi di perusahaan lebih besar yang  dapat membayar lebih besar, menawarkan manfaat yang lebih besar, dan janji akan lebih stabil perusahaannya.

Mereka akan tetap dengan Anda di masa-masa sulit.
Sebagai pemimpin bisnis, Anda tidak pernah ingin untuk berpikir tentang adanya kemungkinan bahwa perusahaan Anda bisa menghadapi masa-masa sulit, tetapi cepat atau lambat, sebagian besar perusahaan melakukan. Ketika itu terjadi, cara Anda memperlakukan karyawan Anda akan  langsung terlihat. Ketika kondisi perusahaan sedang menurun, karyawan yang keluar secara massal akan dilihat sebagai tanda sebuah bisnis akan terus turun. Ketika Anda telah membangun loyalitas dengan tim Anda, mereka akan bersedia untuk tetap tinggal dan bekerja lebih keras sampai masa masa sulit itu berlalu.

Perusahaan Anda akan dapat bertumbuh dengan lebih baik.
Mengapa? Dengan semakin bertumbuhnya perusahaan Anda akan perlu eksekutif baru dalam tim manajemen untuk menjaga operasi tetap berjalan sesuai trek yang ada. Anda dapat mempekerjakan manager baru dari luar, tapi pasti akan perlu waktu bagi mereka untuk penyesuaian, belajar tentang perusahaan Anda, mengenal pemimpin utamanya, dan juga memahami banyak hal yang mereka harus lakukan.

Waktu penyesuaian akan jauh lebih pendek ketika Anda mempromosikan manager dari dalam perusahaan.  Karyawan yang sejahtera menghasilkan pemimpin dari internal yang berarti perusahaan Anda dapat berkembang lebih cepat dan lebih efektif. Semakin sejahtera karyawan Anda, akan semakin sedikit dari mereka yang akan meninggalkan perusahaan – dan lebih cepat lagi perusahaan Anda akan bertumbuh.

iin3Endah Caratri/MP Financial, Accounting & Tax Services Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group/VMN/BL