Ithaka, Asisten Pribadi Travel Anda di Thailand

Ithaka

(Business Lounge Journal – Global News) – Liburan memang sudah merupakan gaya hidup banyak orang kali ini. Mengunjungi suatu tempat yang baru, pastinya merupakan kesenangan tersendiri. Namun, terkadang untuk menemukan suatu tempat yang diinginkan, bisa dikatakan tidaklah terlalu mudah. Namun, di Thailand, Ithaka membuat liburan menjadi lebih mudah. Cukup dengan download apps tersebut di smartphone dan menggunakannya, maka wisatawan akan serasa memiliki “asisten pribadi” yang akan membantu mereka ketika berlibur.

Apps ini, dibangun oleh dua orang alumnus IIT – Bombay, yaitu Ameya dan teman sekelasnya, Rahul Sigh. Sebelum bersama membangun Ithaka, mereka telah terlebih dahulu bekerja di berbagai perusahaan. Ide untuk membuat Ithaka timbul ketika mereka sudah memutuskan berhenti bekerja, dan melakukan perjalanan ke Asia Tenggara.

Apps Ithaka sendiri, menggunakan sistem chat, dimana pada awalnya diluncurkan dengan menggunakan nomor WhatsApp, sampai akhirnya berkembang menjadi sebuah aplikasi Android. Penggunaan apps ini juga bisa dikatakan mudah, yaitu wisatawan tinggal mengetik apa pertanyaan mereka seputar pariwisata Thailand, dan dari pihak Ithaka akan menjawab dan memberikan bantuan dengan cara membalas chat wisatawan tersebut. Untuk menggunakan apps Ithaka ini, wisatawan juga tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Bukan hanya memberikan jawaban dari pertanyaan wisatawan saja, tetapi Ithaka juga bisa membantu untuk membuatkan rencana perjalanan bagi wisatawan, dan juga mencarikan tempat penginapan bagi wisatawan yang sedang mengadakan perjalanan di Thailand.

Saat ini, Ithaka hanya beroperasi di Thailand. Pada akhir Februari nanti, rencananya Apps ini akan diluncurkan juga di Singapura. Menurut Ameya, sudah ada 1,500 downloads dan 800 unique travelers pada apps Ithaka. Jika dilihat, dengan menjamurnya apps yang ada, maka apps Ithaka sebenarnya memiliki keunikan, karena segmentasi pasarnya jelas, yaitu kalangan traveller yang sudah terbiasa menggunakan apps di smartphone mereka. Namun, perlu diketahui, bahwa teknologi apps, meskipun sangat dikenal, dalam waktu yang singkat juga bisa ditiru oleh pesaing. Karena itu, di dalam jangka panjangnya, sebuah apps tetap harus melakukan pengembangan secara terus-menerus, dan menambahkan fitur-fitur unik agar menarik bagi para pengguna apps yang ada.

Fanny Sue/VMN/BL/Journalist
Editor: Fanya Jodie
Image : Ithaka Website