Financial Tips: 5 Cara Mudah untuk Menabung

(Business Lounge Journal – Manage Your Finances) Tahun baru harus selalu lebih baik dari tahun sebelumnya. Begitu juga dalam hal keuangan Anda. Bagaimana jika Anda dapat memperbaiki keuangan Anda terutama untuk dapat menabung. Berikut adalah lima cara mudah untuk membantu Anda menabung lebih banyak pada tahun ini.

1. Memiliki tujuan yang jelas
Ketahui dengan jelas tujuan Anda menabung. Bagaimana Anda bisa mencapai target jika Anda tidak tahu apa targetnya? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda tetap termotivasi dengan rencana tabungan Anda. Apakah Anda ingin menabung untuk pembayaran DP rumah? Bagus sekali, kemudian cari tahu berapa banyak yang Anda butuhkan, kapan waktunya, dan berapa banyak yang Anda harus simpan setiap bulan untuk mencapai tujuan itu. Ketika tujuan Anda memiliki SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevan, dan Tepat waktu) maka Anda akan dapat tetap termotivasi untuk jangka panjang dan tidak akan menggunakan uang Anda untuk kebutuhan sehari-hari.

2.  Lakukan Tabungan Anda dengan Otomatis
Begitu banyak orang tidak menabung atau mengatakan bahwa menabung itu sulit, karena mereka sudah salah menjalankannya. Mereka mengikuti metode lama dalam menabung dengan memakai dulu uangnya dan sesudah itu barulah menyimpan jumlah uang yang tersisa. Tapi marilah kita jujur bahwa memang tidak ada uang yang tersisa, jadi mengapa membuatnya begitu sulit? Sebaliknya, ikutilah strategi “pay yourself first” dan aturlah tabungan secara otomatis sama seperti tagihan lainnya, barulah Anda menghabiskan berapa pun yang tersisa setelah Anda menabung. Hal ini akan melepaskan emosi Anda untuk menghabiskan dana Anda dan Anda akan melihat saldo rekening tabungan Anda benar-benar naik bulan demi bulan.

3. Siapkan menu makanan Anda untuk seminggu
Makan dan hiburan adalah dua perangkap uang terbesar bagi banyak orang. Tapi dengan sedikit perencanaan, Anda dapat pergi ke supermarket dalam awal minggu dan merencanakan menu makanan dalam sisa minggu tersebut. Plus, kalau Anda makan di rumah, tidak hanya  Anda akan menabung uang (karena tidak ada pajak dan tips yang Anda khawatirkan), tetapi Anda mungkin juga menyimpan kalori bagi Anda sendiri. Tentunya  siapa yang tidak ingin menjadi kaya dan tetap kurus?

4. Hitung biaya waktu Anda
Salah satu hal terbaik yang perlu kita lakukan adalah menghitung berapa tarif kita per jam. Dengan begitu, ketika Anda berbelanja dan Anda melihat sepasang sepatu yang Anda inginkan, atau celana yang bagus, Anda akan bertanya pada diri sendiri berapa jam Anda harus bekerja untuk membayar barang-barang tersebut. Sebagai contoh, jika tarif per jam Anda adalah Rp50,000 dan Anda melihat sepasang sepatu seharga Rp400,000, untuk sepasang sepatu akan dikenakan biaya delapan jam kerja. Jika itu layak untuk Anda, Anda dapat membelinya. Jika tidak, Anda bisa melewatinya, mengetahui Anda sudah membuat keputusan keuangan secara sadar.

5. Praktek menunda dalam mengeluarkan uang
Bahkan ketika Anda mengatur sistem keuangan Anda untuk menabung dahulu pada awalnya, Anda masih perlu untuk mengelola “jumlah yang tersisa” secara efektif. Anda akan menemukan bahwa ketika Anda menunda keinginan untuk berbelanja dengan uang Anda, akhirnya Anda tidak jadi membeli setengah dari apa yang pada awalnya begitu Anda inginkan, karena menemukan hal-hal lain yang lebih baik untuk kita menghabiskan uang  atau juga menyimpannya.

iin3Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL