Hyperloop, Kereta Secepat Kecepatan Suara Beroperasi Tahun 2018

(Business Lounge Journal – Global News) Gagasan transportasi bos Tesla, Elon Musk untuk menciptakan kendaraan secepat kecepatan suara untuk travelling sebentar lagi akan terlaksana.

Hyperloop bekerja dengan mengangkut sejumlah penumpang dalam kapsul yang akan didorong oleh magnet pada kecepatan 750 mph – dan bisa membawa Anda dari Los Angeles ke San Francisco dalam 30 menit.

Realisasi penggunaan Hyperloop semakin mendekati kenyataan, setelah Hyperloop Transportasi Technologies (HTT) mengajukan izin konstruksi di Quay Valley, California untuk jalur transportasi lima mil.

“Kami mengumumkan pengajuan izin bangunan pertama kepada Kings County untuk pembangunan hyperloop skala penuh pertama, bukan jalur tes,” Bibop Gresta, COO dari Hyperloop Transportasi Technologies, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC di acara teknologi di Davos, Kamis (21/01). “Dalam 36 bulan kami akan memiliki penumpang pertama di hyperloop skala penuh pertama,” tambahnya.

Untuk skala pertama ini, jalur transportasi tidak akan dibuat dari satu kota ke kota lain,  namun akan berada di Quay Valley. Perusahaan ini sekarang melihat di mana ia akan menempatkan tiang dan melakukan tes tanah. Konstruksi diharapkan dimulai pada kuartal kedua tahun ini dan layanan akan terbuka untuk umum tahun 2018.

Gresta mengatakan bahwa kota skala penuh untuk hyperloop bisa menjadi kenyataan dalam waktu lima tahun, namun mengatakan kemungkinan besar tidak akan di AS

CEO Rob Lloyd – yang merupakan mantan presiden di Cisco – beberapa waktu lalu mengatakan pemerintah akan berantusias pada kereta Hyperloop setelah mereka melihat dampak positif proyek ini pada ekonomi mereka.

“Kami benar-benar bisa melihat daerah di dunia yang hanya dapat dengan jelas memahami keuntungan ekonomi Hyperloop. Mereka bisa melihat bagaimana pasar tenaga kerja bisa berubah, bagaimana ekonomi efisiensi bisa didorong, dan kami berharap bahwa dukungan tingkat paling atas untuk Hyperloop akan muncul,” jelasnya.

Hyperloop didesain secara konseptual, membawa baik orang atau barang, yang ditembakkan melalui tabung tekanan rendah dengan bantuan motor listrik. Kapsul akan ditinggikan, melayang dari bawah keluar jalur. Pada akhirnya, itu akan membantu transportasi hampir secepat kecepatan suara.
“Anda dapat memindahkan orang atau barang lebih dari 700 mil per jam, (dan) Anda dapat memindahkan mereka sesuai permintaan,” kata Lloyd.

Dodo/BLJ/VMN/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : wikipedia